Petugas Lengah, Tahanan kabur dari Penjara

WONOSARI (MERAPI)- Petugas Kepolisian Sektor Gedangsari, Polres Gunungkidul memburu seorang tersangka pencurian, Ja (26) warga Karanganyar Kalurahan Ngalang yang kabur dari ruang tahanan Mapolsek Gedangsari. Tersangka memanfaatkan kelengahan petugas jaga yang diduga lupa mengunci pintu sel usai memberi makan kepada tahanan itu.
Kapolsek Gedangsari, Gunungkidul AKP Soleckhan kepada wartawan, Minggu (7/3) membenarkan kejadian ini. Dia mengatakan jika tersangka sudah menjalani penahanan selama hampir dua minggu. Dia berhasil menggelabui petugas dan kabur saat malam hari. “Tersangka Ja sebelumnya kita amankan karena diduga melakukan pencurian bersama seorang tersangka yang kini juga sudah menjalani proses hukum,” kata AKP Soleckhan kemarin.

Berdasarkan informasi di lokasi kejadian, awalnya tersangka Ja meminta makanan kepada petugas pada Jumat (5/3) lalu. Setelah petugas tersebut memberikan makanan, diduga dia lupa tidak mengunci pintu ruang tahanan. Kesempatan itu digunakan tersangka untuk melarikan diri. Dia mengendap-endap kemudian menyelinap keluar tanpa diketahui seorang petugas pun. Kejadian itu diketahui petugas beberapa saat setelah tersangka kabur. Ketika itu, petugas melakukan pengecekan ruang tahanan dan mendapati tersangka Ja sudah kabur. Saat itu juga petugas langsung melakukan pengejaran. Termasuk melakukan pencarian di rumah tersangka. Tetapi hingga dua hari dalam pencarian, tersangka Ja belum ditemukan. Dia juga tak pulang ke rumah. Menurut Soleckhan, pihaknya kini tengah berupaya keras mencari tersangka. Selain menelusuri di lingkungan keluarga, polisi juga menelusuri sejumlah tempat yang berpotensi disinggahi tersangka.
Sebagaimana diketahui bahwa tersangka Ja ditangkap polisi karena diduga terlibat pencurian beberapa ponsel milik tetangganya. Dalam melakukan aksi pencurian itu, dia melibatkan dua orang. Tetapi saat dilakukan penahanan tersangka Ja berhasil melarikan diri dengan cara kabur dari ruang tahanan polisi. Sampai saat ini polisi masih memburu tersangka dan telah dinyatakan dalam Daftar Pencatian Orang (DPO). (Pur)

Read previous post:
Temu Kunci Atasi Panas Dalam

BEBERAPA jenis tanaman empon-empon diawali dengan kata temu, antara lain temu kunci, temu lawak dan temu ireng. Pemanfaatan empon-empon ini

Close