Efektif Tekan Corona, Pemda DIY Siap Perpanjang Pembatasan Mikro

DANUREJAN (MERAPI)- Pemerintah pusat berencana memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro Jawa dan Bali yang akan berakhir pada Senin (8/3).
Sekda DIY, Baskara Aji mengatakan telah dilakukan rapat koordinasi dan pemerintah pusat mengklaim terjadi penurunan angka positif selama PPKM tersebut. Pemda DIY mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah pusat.
“Kemarin (4/3) kita rapat dengan menteri perekonomian selaku ketua satgas, itu hasil PTKM mikro pertama menurunkan angka positif yang cukup singnifikan di Jawa dan Bali,” ungkapnya, Jumat (5/3) di Kompleks Kepatihan Yogyakarta.
Aji menyebut pada PPKM berikutnya rencananya akan ada penambahan 3 provinsi di luar pulau Jawa yang wajib mengikuti karena terjadi penambahan kasus signifikan. Ketiga daerah itu yakni Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur.
“Diputuskan ada 3 daerah di luar Jawa ikut (PPKM) karena ada perkembangan (kasus positif),” imbuhnya.
Adapun pola pembatasan, Aji menyebut masih dengan pola yang sama. Pemerintah pusat mengimbau agar selalu memberikan update perkembangan kasus terutama terkait zona mikro di lingkungan RT dan RW.
“Masih sama (polanya) karena dirasa di pusat sudah efektif, yang diimbau supaya kita terus melakukan update informasi data terutama tentang zona RT ditambah. Pak Gubernur minta kepada lurah-lurah agar membentuk satgas linmas ya, perlindungan masyarakat,” jelas Aji.
Sementara itu, Asisten Sekda DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Tri Saktiyana mengatakan perpanjangan PPKM Mikro oleh pemerintah pusat rencananya mulai 9-22 Maret 2021.
“Untuk ukuran-ukuran PPKM Mikro selanjutnya 9 Maret hingga 22 Maret 2021 mendatang tidak ada bedanya dengan PPKM Mikro yang sebelumnya,” jelasnya. Tri berharap dengan perpanjangan ketiga ini dapat menekan laju kasus positif Covid-19 di Yogyakarta.
Adapun terkait dengan adanya keterbatasan satuan tugas Covid-19 di desa seperti babinsa dan babinkamtibmas, Tri mengatakan bahwa Pemda DIY telah bekerja sama dengan aparat setempat.
“Solusi mengatasi kekurangan personil PPKM Mikro di tingkat desa itu dibantu linmas, di DIY tercatat ada 100 linmas yang diperbantukan,” imbuhnya. (C-4).

Read previous post:
PPKN Mikro akan Diperpanjang

TEMANGGUNG (MERAPI) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan PPKN Mikro di Jateng rencana akan diperpanjang untuk 14 hari kedepan

Close