Diantar Orangtua, Pelaku Pembacokan Menyerahkan Diri


YOGYA (MERAPI)- Setelah menjadi buronan hampir satu bulan, anggota geng pelajar pelaku pembacokan di Jalan Gambiran, depan Hotel Kayu Manis, Umbulharjo, Yogyakarta, pada Rabu (20/01) pukul 03.00 WIB lalu akhirnya tertangkap. Peran mereka adalah eksekutor pembacokan. Salah satu pelaku menyerahkan diri dengan diantar orangtuanya.
Menurut keterangan, para pelaku yang ditangkap berstatus pelajar. Mereka adalah RA (17) warga Colo Bedog, Donotirto, Kretek, Bantul, dan RI (16) warga Celeban, Umbulharjo, Yogyakarta. Saat ini, kedua pelaku masih menjalani pemeriksaan di Mapolsek Umbulharjo Yogyakarta.
Kanit Reskrim Polsek Umbulharjo, Iptu Nuri Aryanto SH mengatakan penangkapan dilakukan di Jalan Imogiri Barat. Penangkapan dilakukan Reskrim Polsek Umbulharjo, Reskrim Polresta Yogyakarta dan Polda DIY.
“Saat itu yang kami tangkap duluan yakni RA, kemudian setelah dilakukan pemeriksaan terhadap RA, diperoleh keterangan bahwa aksinya dilakukan bersama RI,” ucap Iptu Nuri kepada wartawan, Rabu (3/3).

Berbekal keterangan tersebut, pihaknya langsung bergerak cepat untuk lakukan penangkapan terhadap tersangka RI yang sudah diketahui keberadaannya. Petugas mendatangi rumah RI, namun tidak ditemukan.
Petugas lantas melakukan pendekatan dengan keluarga agar pelaku segera menyerahkan diri. Tidak berselang lama, akhirnya pelaku RI menyerahkan diri dengan diantar oleh pihak keluarganya.
Dari hasil introgasi terhadap dua pelaku, diperoleh keterangan bahwa peran dua pelaku yaitu sebagai eksekutor pembacokan dan pengrusakan motor. Namun demikian, petugas masih terus mendalami pengakuan pelaku.
“Selama menjadi buronan, kedua pelaku ini bersembunyi dengan berpindah-pindah tempat untuk menghindari kejaran petugas,” katanya.

Dengan tertangkapnya kembali dua orang pelaku ini, sehingga total pelaku yang diamankan berjumlah 8 orang. Kata Iptu Nuri, dari 8 orang pelaku, 2 pelaku di antaranya masih pelajar dan berusia di bawah umur.
Diberitakan sebelumnya, komplotan geng tersebut ditangkap polisi usai melakukan pembacokan di Jalan Gambiran, depan Hotel Kayu Manis, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Rabu (20/01) sekira pukul 03.00 WIB.
Dalam peristiwa tersebut komplotan geng pelajar ini berhasil membacok korban Jihad Solusi Islam (21) warga Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Akibatnya, korban mengalami luka bacok pada kaki dan tangan.(Shn)

Read previous post:
Corona di DIY Masih Tinggi, Sehari Tambah 228 Kasus Positif

Close