UMBY Gelar Webinar Akselerasi Pembangunan Desa

Pelaksanaan webinar nasional yang diselenggarakan oleh UMBY.(MERAPI-ISTIMEWA)

SLEMAN (MERAPI) – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar webinar nasional bertema Akselerasi Pembangunan Desa Melalui Impelementasi Kampus Merdeka dengan tim teknis di Auditorium Kampus III UMBY Jalan Ring Road Utara, Rabu (3/3).

Menurut ketua panitia webinar, Nuryadi SPd MPd, dengan digelarnya webinar nasional ini diharapkan bisa memberikan pembekalan umum bagi mahasiswa, ketika nantinya melakukan pengabdian di suatu desa. Program Kampus Merdeka sendiri sudah diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud) beberapa waktu lalu, di mana salah satu kebijakannya adalah memberikan hak belajar kepada mahasiswa selama tiga semester di luar program studi.

“Jadi, kami dari Universitas selaku lembaga institusi Pendidikan harus bisa punya kontribusi untuk pembangunan desa, misalnya dengan program pengabdian dan penelitian di masyarakat atau di lapangan,” jelasnya.

Ditambahkan Nuryadi, webinar nasional yang dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platfrom Zoom, YouTube dan Mercu TV tersebut dibuka oleh Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah MSi MM. Sebagai pembicara, yaitu Ahmad Iman Syukri MHum (Staf Khusus Menteri Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi) serta Prof Dr Haryono Suyono MA PhD (Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan Mantan Kepala BKKBN, Menteri Kependudukan dan Menko Kesra Taskin). Sedangkan moderator Dr Audita Nuvriasari SE MM (Dekan Fakultas Ekonomi UMBY).

Adapun jumlah peserta webinar nasional ini ada 600 peserta dari berbagai daerah, bahkan tak hanya mahasiswa/dosen UMBY, namun ada pula dari perguruan tinggi lain, serta ada masyarakat umum sampai pamong pemerintah desa. Persiapan digelarnya webinar ini sudah dilakukan sekitar lima bulan lalu. “Saya tidak menginginkan webinar ini hanya seremonial saja, tetapi harus ada aspek berkelanjutan dari kita mengupas dan menganalisa, terutama apa saja yang disampaikan oleh kedua nara sumber webinar ini,” tandasnya. (Yan)

Read previous post:
Daun Remujung Atasi Darah Tinggi

PEMANFAATAN atau penggunaan bahan alami berkhasiat obat bisa secara tunggal maupun dikombinasi bahan lain. Ketika dikombinasi dengan bahan lain diharapkan

Close