Bima Perkasa Kehilangan Nuke Tri Saputra

Nuke Tri Saputra saat masih bersama Bima Perkasa. ((HARIAN MERAPI-SWADESTA ARIA WASESA)

SLEMAN (HARIAN MERAPI) – Bima Perkasa bakal menghadapi Indonesian Basketball League (IBL) musim 2021 tanpa Nuke Tri Saputra. Pebasket yang masuk IBL All Stars IBL 2019 itu tak memperpanjang kontrak dari satu-satunya tim wakil Yogyakarta di liga basket tertinggi tanah air itu.

“Kontrak saya habis 1 April. Saya awalnya siap mau sampai 1 April tapi karena ada sesuatu ya sudah tidak perpanjang dulu,” kata Nuke.

Dari catatan statistik kehilangan Nuke adalah kerugian besar bagi Bima Perkasa. Nuke tercatat sebagai pemain yang memiliki possession individu terbesar (27 persen) saat sedang turun bermain dengan rata-rata 23 menit per game. Hanya ada tiga pemain lokal yang memiliki possession individu di atas 20 persen dengan rata-rata bermain di atas 20 menit yakni Diftha Pratama (20 persen), Abraham Grahita (23), dan Arif Hidayat yang ketiganya kini bermain untuk Prawira Bandung. Nuke juga menjadi satu-satunya pemain lokal dengan kontribusi doubel digit points. Di luar itu Nuke sudah punya tempat di hati pecinta basket Indonesia, terutama Kanca Bima, fans Bima Perkasa.

Pelatih Kepala Bima Perkasa, David Singleton buka suara terkait penguduran diri Nuke. Ia tak khawatir Bima Perkasa kehilangan peluru terbaiknya di liga yang rencananya digelar pekan ke-2 Maret 2021 nanti. Soalnya ia merasa skuad Bima Perkasa sekarang yang dihuni pemain muda seperti Tifan Eka Pradita, Samuel Devin, dan David Simeon Lavi serta veteran macam Febri Utomo, Galank Gunawan, dan Isman Thoyib bisa menggantikan peran Nuke.

“Di tim ini semua pemain adalah pointer, bukan satu atau dua orang. Kami sadar bahwa Nuke adalah pemain bagus tapi komposisi pemain kami sangat cukup untuk berkompetisi. Saat dia pergi, kami punya waktu untuk mengembangkan tim dan menambah kekompakan sebagai tim. Kami percaya dengan komposisi yang dihuni pemain muda dan tua di tim saat ini,” jawab David.

Namun David sendiri tidak tahu menahu tentang kontrak pemain dalam skuadnya saat ini. Padahal April nanti kontrak Galank Gunawan dan Isman Thoyib juga akan habis. Jika tidak diperpanjang atau menemui jalan tengah lainnya, Bima Perkasa dipastikan tanpa mereka saat liga sampai di bulan April atau lolos playoff.

Sementara itu IBL musim 2021 direncanakan digelar dalam dua fase pada 10 Maret-6 Juni di Robinson Cisarua Resort Kabupaten Bogor dan Mahaka Square Arena Jakarta.

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengatakan Robinson Cisarua bakal menjadi lokasi untuk pertandingan fase pertama atau babak reguler pada 10 Maret-10 April. Fase kedua yang terdiri atas babak playoff hingga final akan dilangsungkan di Mahaka Arena pada 23 Mei-6 Juni.

“Kami adakan di dua tempat yang keduanya layak menjadi tempat kompetisi gelembung IBL 2021. Cisarua saat ini berada pada zona hijau yang berarti aman berkegiatan,” kata Junas dalam laman resmi IBL yang dikutip Antara, Selasa (2/3).

“Jakarta memang masih zona merah, namun pada saat fase kedua diharapkan sudah berubah menjadi lebih baik,” kata dia menambahkan.

IBL seri pertama akan digelar pada 10-15 Maret, dilanjutkan seri kedua pada 18-23 Maret. Seri ketiga akan berlangsung pada 26-31 Maret sebelum seri keempat pada 5-10 April.

Junas menjelaskan bahwa proses penerapan protokol kesehatan juga sudah mulai dilakukan. Penyelenggara kompetisi bahkan telah memonitor kesehatan seluruh personel yang terlibat sejak Februari lalu.

IBL, Perbasi, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali sebelumnya telah menggelar pertemuan dengan perwakilan Kepolisian RI, Satgas Covid-19, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memaparkan rencana kompetisi IBL musim 2021 di tengah pandemi Covid-19. Namun hingga kini IBL masih perlu menunggu izin kepolisian diturunkan agar bisa menggelar kompetisinya. (Des/*)

Read previous post:
Jalan Maitan – Kayen Rusak Parah

PATI (MERAPI) - Akses jalan dari desa Maitan kecamatan Tambakromo menuju Kayen, kondisinya rusak parah. Di beberapa ruas jalan, selain

Close