SEMINAR NASIONAL KEWIRAUSAHAAN UMBY – Jangan Takut Memulai Usaha

Pelaksanaan seminar nasional kewirausahaan. (HARIAN MERAPI-ISTIMEWA)

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Generasi muda jangan takut untuk memulai usaha atau menjadi wirausahawan. Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam memulai suatu usaha, yaitu dengan melihat permasalahan sosial yang muncul di masyarakat. Sehingga usaha yang diterjuni dapat bermanfaat langsung bagi masyarakat.

Hal ini diungkap Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara saat menjadi narasumber seminar nasional yang digelar Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), akhir pekan lalu. Seminar dengan tema Mempersiapkan Generasi Digital yang Berwatak Sociopreneur: Kreatif, Inovatif, dan Peduli di Era Society 5 ini digelar secara daring dengan diikuti lebih dari 240 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

GKR Bendara yang juga sebagai Presiden Indonesia Council for Small Business DIY menambahkan, setiap wirausawan penting juga menerapkan filosofi kearifan lokal dalam menjalankan usaha yang berkelanjutan. “Filosofi kearifan lokal antara lain bahwa setiap manusia memiliki tugas untuk Hamemayu Hayuning Bawana atau menjaga keselarasan alam raya dan seluruh isinya. Ada lagi Sangkan Paraning Dumadi atau setiap manusia wajib memahami dari mana mereka berasal dan akan kemana mereka kembali,” paparnya.

Adapun narasumber lain dalam seminar ini, yaitu  seorang sociopreneur yang populer di berbagai media sosial, Rhaka Ganisatria sekaligus Chief Executive Officer (CEO) dari platform sosial Menjadi Manusia. Menghadirkan pula Dr Sri Muliati Abdullah MA Psikolog (Ketua Program Studi Magister Psikologi UMBY). Sedangkan moderator diampu salah satu Dosen Fakultas Psikologi UMBY, Nina Fitriana MPsi.

Sementara itu Dekan Fakultas Psikologi UMBY, Reny Yunisanti, MPsi Psikolog berharap, dengan seminar nasional ini dapat menjadi inspirasi bagi para peserta untuk menjadi seorang sociopreneur yang kreatif, inovatif dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat sesuai dengan visi dan misi UMBY. “Bisa menjalin relasi untuk membangun komunitas dan sistem yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar, termasuk hal sangat penting diterapkan wirausawan, sehingga kewirausahaan yang diterjuni dapat menjadi salah satu solusi bagi permasalahan ekonomi maupun sosial,” tutur Reny. (Yan)

Read previous post:
Hari Pertama Kerja Bupati, Etik Suryani Sidak Vaksinasi Corona Anggota DPRD Sukoharjo

SUKOHARJO (MERAPI) - Bupati Sukoharjo Etik Suyani melakukan inspeksi mendadak (sidak) pelaksanaan vaksinasi virus corona dengan sasaran anggota DPRD Sukoharjo

Close