JOKOWI RESMIKAN KRL YOGYA-SOLO-Lebih Cepat dan Murah dari KA Prameks

YOGYA (MERAPI)-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta-Solo, Senin (1/3) di Stasiun Tugu Yogyakarta. KRL Yogya-Solo akan menggantikan KA Prambanan Ekspress (Prameks) yang sudah lama beroperasi. Dari segi biaya dan waktu tempuh, KRL lebih menguntunkan dari Prameks.
Peresmian itu termasuk salah satu bagian dari rangkaian kunjungan kerja Presiden ke Yogyakarta selain meninjau vaksinasi massal di Pasar Beringharjo dan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.
Presiden didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, hari ini saya resmikan operasi kereta listrik lintas Yogyakarta-Solo,” katanya. Jokowi mengatakan KRL Yogyakarta-Solo lebih cepat dibandingkan dengan Kereta Api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks). Selain itu, KRL juga ramah lingkungan karena menggunakan listrik dan biaya operasional yang lebih murah.
“Terpaut kira-kira 10 menit lebih cepat. Kemudian dari sisi biaya operasi juga jauh lebih murah, 640 yang sebelumnya, sekarang 290. Ini sebuah efisiensi yang sangat bagus sekali,” jelasnya.
“Saya kira moda transportasi di negara kita ke depan harus semuanya mengarah kepada kereta transportasi massal yang ramah lingkungan. Juga kendaraan-kendaraan semuanya ke depan harus ramah lingkungan, yaitu listrik,” imbuhnya.
Jokowi berharap adanya KRL Yogyakarta-Solo dapat membantu mobilitas masyarakat, dan diharapkan dapat turut mendongkrak pariwisata dan ekonomi.(C-4)

Read previous post:
Galang Dana untuk Alfian yang Kehilangan Kedua Tangannya Saat PKL

KLATEN (MERAPI) - Alfian seorang siswa kelas XI yang sedang belajar praktik industri di dunia usaha, tak akan menyangka bakal

Close