Jobol Eternit dan Rusak CCTV, Maling Kuras Laci Minimarket


BANTUL (MERAPI)-Seorang residivis, ES (36) warga Pandak Bantul diringkus jajaran Sat Reskrim Polres Bantul setelah membobol minimarket Diva Mart di Jalan Cepit Tembi Dusun Mrisi RT 26 Kalurahan Pendowoharjo Kapanewonan Sewon Bantul, Jumat (26/2). Untuk menghilangkan jejak, tersangka sempat merusak kamera CCTV sebelum mengambil HP dan uang.
Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Ngadi melalui Kaur Bin Pos Sat Reskrim Polres Bantul Iptu Sutarja mengungkapkan, aksi pencurian sendiri terjadi pada 2 Februari 2021 pukul 23.00. Dalam aksinya pelaku berhasil masuk ke dalam minimarket dengan cara memanjat di dinding bagian belakang. Untuk memudahkan aksinya memanjat pelaku memakai tangga lalu membuka genteng 2 buah.
“Selanjutnya tersangka merusak eternit yang ada di minimarket. Setelah masuk ke dalam tersangka lalu merusak CCTV agar aksinya tidak diketahui,” ujar Iptu Sutarja dalam konferensi pers di Mapolres Bantul, kemarin.

Dijelaskan, di dalam minimarket tersangka berhasil mengambil 3 buah handphone dan uang tunai sebanyak Rp 6,7 juta yang diambil dari loker kasir. Selain itu tersangka juga mengambil rokok di etalase minimarket Diva Mart. Dari perbuatan yang dilakukan tersangka, pihak minimarket menderita kerugian mencapai Rp 10 juta.
Atas kejadian itu, pihak minimarket melapor ke Polsek Sewon. Setelah itu berkat bantuan tim Jatanras Polres Bantul tersangka berhasil teridentifikasi. Meski kamera CCTV dirusak, namun identitas pelaku tetap terlacak. Tiga minggu usai beraksi, pelaku dibekuk polisi, Selasa 23 Februari 2021 pukul 17.00.

Selanjutnya tersangka beserta barang bukti diamankan ke Polres Bantul untuk penanganan lebih lanjut. Dari hasil pemeriksaan diketahui tersangka merupakan residivis kasus yang sama sejak tahun 2017. Aksi pencurian minimarket Diva Mart merupakan kejahatan keempat yang dilakukannya.
Selama ini, hasil kejahatan digunakan untuk keperluan hidup. Karena hasil jualan sebagai pedagang angkringan tidak mencukupi untuk kebutuhan keluarga. Dari perbuatannya polisi menjerat tersangka dengan pasal 363 KUHP ayat (1) ke 3e dan 5e tentang pencurian dengan pemberatan (curat). (Usa)

Read previous post:
Terperdaya Investasi

BANYAK cara dilakukan orang untuk mendapatkan penghasilan, namun caranya berbeda, ada yang halal dan ada pula yang haram. Agaknya, Aris

Close