POHON BERINGIN USIA RATUSAN TAHUN TUMBANG- Timpa Bangunan Pamsimas, Layanan Air Bersih Terganggu

Pohon beringin yang tumbang menimpa Pamsimas Getas.(Merapi-Bambang Purwanto)
Pohon beringin yang tumbang menimpa Pamsimas Getas.(Merapi-Bambang Purwanto)

WONOSARI (MERAPI) – Bangunan fisik dan fasilitas Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) bernilai ratusan juta rupiah di Kalurahan Getas Kapanewon Playen Kabupaten Gunungkidul hancur tertimpa pohon beringin berumur ratusan tahun, Selasa (23/2). Tidak menimbulkan korban jiwa dalam kejadian tersebut, tetapi dampak kerusakan fasilitas layanan dan distribusi air kepada masyarakat terganggu. “ Akibat kejadian itu, bangunan panel pompa air dan beberapa fasilitas hancur karena tertimpa pohon,” kata Lurah Getas, Playen, Gunungkidul Pamuji di lokasi kejadian Selasa (23/2) kemarin.

Peristiwa robohnya pohon beringin berukuran cukup besar tersebut mengejutkan warga sekitar dan terjadi justru tidak sedang terjadi hujan deras maupun angin kencang. Warga sekitar menduga pohon beringin berumur ratusan tahun tersebut tumbang akibat bagian akar lapuk sejak lama. Dengan rusaknya bangunan dan sejumlah fasilitas layanan termasuk panel pompa air menyebabkan layanan air bersih kepada masyarakat terganggu. Karena itu dengan kerusakan sarana layanan air bersih dari sumber air Tirto Mulyo Padukuhan Gubugrubuh, Getas kepada masyarakat ini menjadi terganggu hingga menunggu proses perbaikan. “ Saat kejadian kondisi cuaca cukup cerah dan dugaan robohnya pohon beringin karena bagian akar pohon sudah lapuk,” imbuhnya..

Direktur Utama PDAM Tirta Handayani, Toto Sugiharto mengatakan, di lokasi setempat terdapat dua sumber air dengan debit cukup besar. Namun yang dikelola oleh Pamsimas dan dimanfaatkan oleh warga baru satu sumber dan atas peristiwa ini, pihaknya berencana akan meninjau lokasi pompa yang tertimpa pohon tumbang tersebut. Dari dua sumber air yang berada di Kalurahan Getas ini baru satu sumber yang dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Sedangkan satu sumber air yang lain belum dimanfaatkan dan masih perlu dilakukan kajian tentang volume debit air yang nantinya akan dipergunakan untuk mencukupi air bersih bagi masyarakat. “Untuk kerusakan fasilitas perlu segera diperbaiki agar layanan masyarakat tidak terganggu,” pungkasnya. (Pur)

Read previous post:
Problem Pemuda Pengangguran

HIDUP makin susah, menuntut orang untuk kreatif agar bisa bertahan. Segala cara pun dilakukan demi mempertahankan hidup. Sayangnya, ada yang

Close