Tergiur Tawaran BLT Corona, Mbah Karso Tertipu

WONOSARI (MERAPI)–Ny Karso (90) lansia warga Kalurahan Jetis, Kapanewon Saptosari, Gunungkidul menjadi korban penipuan orang tidak dikenal di rumahnya, Selasa (26/1). Pelaku mengaku bisa mengusahakan korban menerima Bantuan Langsung Tunai terdampak covid-19. Namun, ternyata itu akal-akalan pelaku untuk memperdaya korban dan melucuti perhiasannya.
Akibat kejadian tersebut, perhiasan yang dikenakan korban berupa giwang dan cincin amblas disikat penjahat. “Pelaku menyamar sebagai petugas yang bisa mengurus BLT,” ujar tetangga korban, Murhadi kepada wartawan kemarin.

Dia menuturkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu, korban tengah beraktivitas seperti biasa di rumah bersama anaknya. Kemudian datang seorang laki-laki tidak dikenal mengendarai motor. Mulanya pelaku berlagak menanyakan tentang daun sirsak yang ada di pekarangan rumah korban. Pria tidak dikenal tersebut kemudian mengalihkan topik pembicaraan dan menanyakan tentang bantuan covid-19 kepada korban.
“Korban menjawab jika selama ini tidak mendapatkan bantuan,” ujar Murhadi. Laki-laki berjaket dan masker tersebut kemudian menawarkan akan mendaftarkan mbah Karso untuk mendapatkan bantuan. Tentu saja korban tertarik. Dia antusias. Namun, pelaku menentukan beberapa persyaratan. “Korban diminta cuci muka untuk difoto. Dia harus menanggalkan seluruh perhiasan,” ucapnya. Korban pun tak curiga. Dia menuruti permintaan pelaku.

Usai mencuci muka, korban kembali mememui pelaku di teras rumah. Tetapi ternyata orang yang dicari tidak ada alias kabur dengan membawa perhiasan milik korban berupa cincin dan giwang. Kejadian itu kemudian dilaporkan polsek Saptpsari, Polres Gunungkidul.(Pur)

Read previous post:
Agar Kesehatan Terjaga Baik Kelinci Rutin Diberi Pakan Berkualitas

SATWA kelinci sudah banyak yang membudidayakan, baik jenis kelinci potong maupun hias. Para pemilik satwa ini akan ada kebahagian tersendiri

Close