Perbasi DIY Masih Fokus Lisensi Pelatih

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Pengurus Daerah Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Pengda Perbasi) DIY masih terus melaksanakan program penataran lisensi untuk pelatih awal tahun ini. Namun, pandemi yang belum berakhir memaksa penatran lisensi C dan D itu dilakukan secara daring.

Andreas Kobo Candra, Sekretaris Pengda Perbasi DIY mengatakan penataran itu dilakukan guna menambah kualitas pelatih lokal sekaligus program organisasi yang tidak boleh berhenti meski tengah pandemi. “Program kami tetap sama, ada penataran lisensi yang terus berjalan. Tapi karena situasi masih begini, penatarannya daring,” kata Andreas Kobo, Rabu (20/1).

Pandemi juga belum memungkinkan Perbasi untuk membuat turnamen atau kompetisi panjang. Perbasi sejalan dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY yang menyarankan adanya pembatasan kegiatan selama PPKM masih berlangsung. Kobo, sapaan akrabnya, menambahkan sebenarnya bisa saja mereka merancang turnamen dengan protokol kesehatan ketat namun akan terkendala di perizinan. “Sebenarnya bisa saja dengan protokol apakah tanpa penonton atau harus swab test lebih dulu tapi lebih baik belum dulu karena situasi yang tidak memungkinkan,” sambungnya.

Manajer Bima Perkasa Academy, Fika Nurazam Wirastuti mengamini Andreas Kobo. Menurut manajer sekolah basket yang berafiliasi dengan klub Bima Perkasa itu, menambahkan meski tidak ada turnamen atau kompetisi jangka panjang, momen pandemi ini bisa dimanfaatkan para atlet khususnya pebasket usia muda untuk lebih mempersiapkan diri.

“Di pandemi sekarang, pebasket muda harus mempersiapkan diri, dari teknik dasar dribbling, shooting, dan lain-lain. Jadi ketika situasi sudah berangsur membaik, mereka sudah siap bertanding di kompetisi baik itu kategori usia atau antarsekolah dan klub,” sambung manajer yang akrab dipanggil Fika itu. (Des)

Read previous post:
David Singleton: Dua Rookie BPJ Berkembang

SLEMAN (HARIAN MERAPI) - Satu bulan sudah empat rookie Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja (BPJ) berlatih di bawah program

Close