PERINGATI HARI JADI – DPRD Kulonprogo Diwejang Lakukan Reformasi Politik Total

Pemotongan tumpeng pada rapat paripurna peringatan HUT ke-68 DPRD Kulonprogo. (HARIAN MERAPI-AMIN KUNTARI )

WATES (HARIAN MERAPI) – Peringatan HUT ke-68 DPRD Kulonprogo, Selasa (19/1), diwarnai dengan berbagai kegiatan termasuk rapat paripurna. Berbagai pihak menyampaikan ucapan selamat kepada lembaga legislatif tersebut, serta memberikan pesan dan kesan demi kemajuan DPRD ke depan.

Saat menghadiri rapat paripurna di gedung dewan, Bupati Kulonprogo, Sutedjo menyampaikan apresiasi atas kinerja baik yang sudah dilakukan oleh DPRD Kulonprogo selama ini. Kendati demikian, ia menilai lembaga legislatif itu memiliki tantangan berat yakni menjalankan reformasi politik total. “Hal itu diperlukan untuk menangkis isu-isu negatif yang selalu berkembang, sehingga demokrasi dan demokratisasi bisa dipercaya,” kata Sutedjo.

Dalam menjalankan tugas dan kewenangannya, lanjut Sutedjo, DPRD Kulonprogo harus didorong untuk memperkuat pondasi awal perkembangan pemerintahan dan pembangunan. Selain itu, wakil rakyat ini juga dituntut untuk mengupayakan kesejahteraan masyarakat. “Proses pembangunan daerah yang dilaksanakan seluruh jajaran pemerintah bersinergi dengan DPRD tentunya tidak luput dari tantangan dan kendala yang harus dihadapi. Proses pembangunan daerah harus terus berjalan seiring dengan dinamika pembangunan yang berkembang,” ungkap Sutedjo.

Sutedjo berharap, di hari jadinya yang ke-68, DPRD Kulonprogo dapat terus menjadi wakil rakyat yang aspiratif dalam menyampaikan suara-suara rakyat. Karenanya, Sutedjo menilai peringatan hari jadi ini merupakan momentum koreksi dan evaluasi dalam menjaga kualitas DPRD yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat Kulonprogo.

“Kami ingin mewujudkan Kulonprogo Binangun dalam arti yang sesungguhnya yakni maju, berbudaya, makmur dan sejahtera rakyatnya,” ujar Sutedjo.

Sementara itu, Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati mengatakan, hal yang perlu ditingkatkan dalam sinergitas antara eksekutif dengan legislatif adalah koordinasi kedua belah pihak. Dalam menjalankan fungsi pengawasan, DPRD Kulonprogo mengawasi pelaksanaan seluruh program APBD, baik implementasi di lapangan, dampak, target maupun output. Kemudian di bidang penganggaran, sinergi akan dilakukan dengan Pemkab Kulonprogo dalam perencanaan anggaran yang tepat sesuai kebutuhan masyarakat. Selain itu, DPRD Kulonprogo juga akan berusaha menghasilkan keputusan yang terbaik dan tertuang dalam Peraturan Daerah, sesuai dengan kondisi masyarakat dan Pemkab Kulonprogo saat ini.

“Kami siap bersinergi dengan seluruh elemen di Kulonprogo termasuk masyarakat dan OPD untuk mengatasi pandemi dan memajukan Kulonprogo,” katanya.

Akhid berharap, pandemi Covid-19 bisa berakhir pada tahun ini. Vaksinasi dan pemulihan ekonomi masyarakat juga diharapkan berjalan lancar. Di sisi lain, kinerja lembaga DPRD dijanjikan terus meningkat, mengingat RPJMD Bupati tahun 2017-2022 akan segera berakhir.

“Kami siap mengawasi jalannya roda pembangunan di Kulonprogo. Teman-teman anggota dewan akan dimotivasi mengingat kami memiliki tugas berat di tahun 2021 yakni menyikapi pandemi dan memulihkan ekonomi,” pungkas Akhid.

Peringatan HUT ke-68 DPRD Kulonprogo diperingati dengan berbagai acara, mulai dari ziarah dan kunjungan ke mantan bupati, lomba foto antar fraksi, rapat paripurna dan sebagainya. Meski diperingati secara sederhana akibat pandemi Covid-19, namun dipastikan tidak mengurangi makna. (Unt)

Read previous post:
Semua Calon Anggota KONI DIY Kesulitan Terkait Kejurda

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Semua cabang olahraga (cabor) calon anggota baru Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY masih belum bisa

Close