NOPOL JATUH, SOPIR DIBEKUK WARGA-Tabrak Lari Tewaskan Pengendara Motor

WATES (MERAPI)- Gara-gara mengemudi dalam kondisi mengantuk, seorang pengendara mobil menabrak pengendara motor di wilayah Triharjo Wates Kulonprogo, Kamis (7/1). Akibatnya, tubuh pengendara motor terpental dan mengalami luka parah hingga meninggal dunia di lokasi kejadian. Pengemudi mobil sempat melarikan diri, namun berhasil tertangkap karena plat nomor kendaraannya terjatuh di lokasi kejadian.
Kanit Lakalantas Polres Kulonprogo, Iptu Agus Kusnendar mengatakan, peristiwa kecelakaan maut itu terjadi sekira pukul 06.00 WIB. Kejadian bermula saat mobil AB 1654 QC yang dikemudikan Pramono (47), warga Ngestiharjo, Kasihan, Bantul melaju di ruas Jalan KH Wakhid Hasyim Cokrodipan yakni timur Puskesmas Wates, dari arah timur ke barat.
Di saat bersamaan, melaju pengendara motor yang merupakan wanita paruh baya, Siti Asriah (57), warga Seworan Triharjo. Ia mengendarai Suzuki Nex dengan nomor polisi AB 3659 OL dan melaju searah dengan mobil Pramono.
“Pengemudi mobil kurang konsentrasi sehingga laju kendaraannya tiba-tiba menabrak motor Siti Asriah,” kata Agus.

Benturan keras tak terhindarkan. Pengendara motor seketika terpental hingga mengalami luka parah. Ia meninggal dunia di lokasi kejadian. Motor yang dikendarainya juga rusak parah. Ironisnya, pengemudi mobil justru tancap gas. Ia melarikan diri karena tidak mau bertanggungjawab.
“Pelaku berhasil ditangkap lantaran plat nomor mobilnya jatuh di lokasi saat kecelakaan terjadi,” terang Agus.
Berdasarkan pemeriksaan, Pramono diketahui menyetir dalam keadaan mengantuk. Ia tidak tidur semalaman sehingga tidak bisa berkonsentrasi dalam mengemudi kendaraan. Pramono tidak mengalami luka.
“Ia kemudian dibawa ke Mapolres Kulonprogo untuk dimintai keterangan,” imbuh Agus.

Pihak kepolisian akhirnya menetapkan status tersangka kepada Pramono. Ia akan dikenai Pasal 310 ayat 4 dan Pasal 312 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dengan ancaman pidana penjara paling lama enam tahun atau denda paling banyak Rp 12 juta.
Sementara itu, Staf Humas PMI Kulonprogo, Wisnu Rangga mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan kecelakaan tersebut sekitar pukul 07.00 WIB. Mendapati laporan adanya kecelakaan, sejumlah personel PMI Kulonprogo meluncur ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban.
“Korban meninggal dunia di lokasi kejadian kemudian jenazahnya kami bawa ke RSUD Wates,” ujar Wisnu Rangga.(Unt)

Read previous post:
PEMDA DIY LANSANAKAN PENGETATAN TERBATAS-Batasi Pergerakan dari Luar, Warga Boleh Pasang Portal

Close