Anggota KPPS Positif Corona Saat Bertugas di TPS

WONOSARI (MERAPI)-Seorang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kapanewon Gedangsari, Gunungkidul dilaporkan positif Covid-19 saat bertugas di hari pencoblosan, Rabu (9/12) lalu. Dia nekat bertugas meski reaktif corona saat rapid test sebelum pencoblosan. Hasil swabnya diketahui di hari coblosan.
Usai kejadian ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul melakukan tracing terhadap siapa saja yang kontak dengan petugas itu. Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Gunungkidul, Rosita kepada wartawan Jumat (11/12) membenarkan temuan tersebut terjadi di Kapanewon Gedangsari pada saat yang bersangkutan bertugas di TPS. Saat itulah dia menerima hasil swab dinas kesehatan. “Saat bekerja di TPS, petugas KPPS tersebut menerima informasi bahwa ia terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Rosita.

Berdasarkan laporan yang diterima, jelas Rosita, petugas KPPS tersebut sebelumnya memang sudah dinyatakan reaktif hasil Rapid Test sebelum coblosan. Pihaknya pun sudah menyarankan bagi petugas yang dinyatakan reaktif diimbau untuk tidak melanjutkan tugasnya di TPS. “Tetapi petugas tersebut tidak mengindahkannya dan memilih tetap bertugas sebagai penjaga tinta,” jelasnya.
Menurut Rosita, dari hasil penelusuran lapangan, yang bersangkutan sempat bertugas dari pagi hingga tengah hari. Setelah mengetahui hasil swab, kegiatan di TPS tersebut dibubarkan. Dari kejadian itu Dinas Kesehatan langsung melakukan tracing dan dari data yang ada, di TPS tersebut jumlah pemilih 300 orang. “Saat ini dinas kesehatan terus melakukan penelusuran terhadap warga yang memiliki riwayat kontak,” imbuhnya.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani ketika dihubungi terpisah mengaku belum mengetahui detail adanya salah satu petugas KPPS di salah satu TPS di Kapanewon Gedangsari yang dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Meski demikian pihaknya akan melakukan penelusuran lebih lanjut konfirmasi positif tersebut. “Dengan adanya informasi tersebut kami akan berusaha melakukan penelusuran dengan berkoordinasi bersama pihak-pihak terkait,” tandasnya.(Pur)

Read previous post:
POSITIF COVID-19 TAMBAH 157-Heroe Bantah Hoaks Ruang Perawatan Pasien Corona Penuh

Close