KORBAN DIKEPRUK HELM, DICEKIK, TUBUH DIINJAK-INJAK-Diajak Lihat Sunset Sebelum Dibunuh

SLEMAN (MERAPI)-Polisi menyebut pembunuhan yang dilakukan tersangka EBP (39) terhadap pacarnya janda Sri Utami (40) warga Karangasem, Munthok, Dlingo, Bantul sudah direncanakan. Korban terlebih dulu diajak melihat matahari terbenam (sunset) kemudian dianiaya hingga tewas.
Dirreskrim Um Polda DIY Kombes Burkan Rudy satria mengatakan, dari pemeriksaan awal, motif pelaku melakukan pembunuhan karena cemburu lantaran sering dibanding-bandingkan dengan pria lain. Padahal korban yang merupakan janda anak dua ini sudah dipacari pelaku selama selama dua tahun. Akibat tak terima dibanding-bandingkan, pelaku pun emosi dan tega mengabisi korban.

“Korban dan pelaku ini pacaran, tapi pelaku cemburu karena dibanding-bandingkan dengan pria lain,” katanya.
Sebelum dihabisi, jelas Burkan, pelaku mengajak korban ke kebun salak Dusun Kemput, Candibinangun, Pakem untuk melihat matahari tenggelam. Saat di lokasi, keduanya cekcok akibat pelaku cemburu. Korban terlebih dulu memukul pelaku. Pelaku lantas memukul kepala korban dengan helm. Karena emosi tak terbendung, pelaku kemudian mencekik leher dan menginjak tubuh korban hingga wanita itu tewas. Melihat korban tewas, pelaku kebingungan. Dia kemudian mengubur jasad korban menggunakan tumpukan daun.
“Pembunuhan itu memang sudah direncanakan sebelumnya. Motifnya karena cemburu, di Yogya pelaku bekerja sebagai tukang parkir,” beber Kombes Burkan.

Usai kejadian tersebut, selama satu bulan pelaku masih berada di Yogya sebelum akhirnya balik ke Jawa Timur. Selama pelariannya, pelaku ini bekerja serabutan. “Saat ini penyidik masih terus melakukan pemeriksaan terhadap pelaku,” jelasnya.
Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 338 tentang pembunuhan berencana dengan ancaman 15 tahun kurungan penjara. Seperti diketahui, Tim gabungan Opsnal Polsek Pakem, Satreskrim Polres Sleman dan Jatanras Polda DIY akhirnya berhasil mengidentifikasi mayat yang tertimbun tanah dan ditemukan pada Februari 2013 lalu di kebun salak Dusun Kemput, Candibinangun, Pakem. Hal itu tak lepas setelah pelaku pembunuhan yang merupakan pacar korban dibekuk, Rabu (3/11).
Dirreskrimum Polda DIY Kombes Pol Burkan Rudy Satria SIK didampingi Kabid Humas Kombes Pol Yuliyanto SIK kepada wartawan kemarin mengatakan, pelaku pembunuhan adalah pacar korban, yakni EBP (39) warga Kediri Jawa Timur.(Shn)

Read previous post:
Mall Pelayanan Publik Dorong Percepatan Investasi Kulonprogo

Close