Kehabisan Bekal di Yogya, Perantau Curi Motor Mahasiswa

YOGYA (MERAPI)- Tim Buser Polsek Gedongtengen Yogya, berhasil meringkus pelaku pencurian sepeda motor yang terjadi di wilayah Gedongtengen. Pelaku adalah JA (19) pendatang asal Bantarkawung Brebes, Jawa Tengah. Dia mengaku nekat mencuri karena kehabisan bekal saat merantau di Yogya.
Kapolsek Gedongtengan Kompol Kundhori S.Ag saat dikonfirmasi, Rabu (25/11) membenarkan peristiwa tersebut. Dia menjelaskan saat ini, pelaku sudah diamankan dan menjalani pemeriksaan secara intensif di Mapolsek Gedongtengen.
“Pelaku berhasil ditangkap di Bantarkawung Brebes, akhir pekan lalu. Kita juga amankan barang bukti sepeda motor Yamaha Jupiter hasil curian pelaku,” beber Kompol Kundhori.

Dikatakan, pencurian tersebut berawal saat korban Fathul Mu’in (18) asal Cilacap melapor kehilangan sepeda motor Yamaha Jupiter saat diparkir di parkiran penginapan Pringgokusuman Gedongtengen, Senin (16/11) pukul 14.00 WIB.
Peristiwa itu bermula saat korban turun dari lantai dua tempat tinggalnya untuk berangkat kuliah. Saat di parkiran korban terkejut saat melihat sepeda motornya tidak ada di tempat. Karena panik korban mencari di sekitar lokasi.
Korban juga melakukan pencarian dengan bertanya pada tetangga sekitar namun tidak juga ditemukan. Sadar menjadi korban pencurian, dia lantas melaporkan kasus itu ke Polsek Gedongtengen Yogyakarta.
Dengan dipimpin Kanit Reskrim Iptu Hariyadi berserta 3 anggota Aipda Alex, Aipda Maryono dan Aipda Wagiman, polisi lantas melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memeriksa saksi-saksi serta bukti pendukung lainnya.

Hasilnya tidak butuh waktu lama buat petugas untuk mengetahui identitas pelaku pencurian. Berbekal rekaman CCTV serta keterangan saksi dan korban, petugas berhasil mengidentifikasi keberadaan pelaku di wilayah Jawa Tengah.
Tidak mau buruannya lepas, petugas selanjutnya melakukan pengejaran dan berhasil menangkap pelaku di daerah Bantarkawung Brebes Jawa Tengah, dengan dibantu anggota Polisi Sektor Bantarkawung, Brebes.
“Motif pelaku karena ekonomi, di Yogya tidak bekerja. Sehingga nekat melakukan pencurian sepeda motor,” tandasnya.
Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman maksimal 5 tahun kurungan penjara.(Shn)

Read previous post:
Perayaan Tahun Baru Tak Dilarang Asal Izin Satgas Covid-19

Close