RELAWAN KUSTINI-DANANG BLUSUKAN DI PASAR-Sosialisasi Protokol Kesehatan Sekaligus Ajak Sukseskan Pilkada


NGEMPLAK (MERAPI)- Relawan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa tidak patah semangat mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak bosan menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.
Selain bergerak lewat kegiatan senam hampir di seluruh wilayah Kabupaten Sleman, kini mereka menyasar ke pasar tradisional yaitu Pasar Kejambon di Kalurahan Sindumartani, Ngemplak. Agenda tersebut sekaligus sosialisasi terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman 2020.
Koordinator Relawan Perempuan Kustini-Danang, Dwi Susilowati di sela-sela kegiatan, Jumat (20/11) menjelaskan, sosialisasi protokol kesehatan ke masyarakat terutama pedagang pasar tradisional sangat penting.

Lokasi ini dinilai sangat potensial terjadi penyebaran virus corona karena pembeli datang dari berbagai daerah. Agar tidak terjadi klaster baru, baik pedagang maupun pengunjung harus tetap menjaga kesehatan dengan selalu pakai masker, rajin cuci tangan dan selalu jaga jarak.
“Kita ingin jangan sampai terjadi klaster baru di pasar tradisional yang dapat berdampak pada terganggunya perekonomian masyarakat,” kata Dwi Susilowati.
Selain mengingatkan agar selalu melaksanakan hidup bersih dan sehat sesuai anjuran pemerintah, pihaknya juga membagi sabun cair supaya mereka rajin cuci tangan usai melakukan aktivitas apapun.
Di sisi lain, relawan pemenangan pasangan Calon Bupati nomor urut 3 ini mengajak kepada pedagang pasar dan pengunjung agar ikut mensukseskan Pilkada Sleman yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020.

Susi, demikian panggilan akrabnya mendorong kepada masyarakat agar tidak takut menggunakan hak pilihnya dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pesta demokrasi untuk memilih Bupati Sleman akan berjalan sesuai harapan apabila warganya berperan aktif dan cerdas memilih pemimpinnya.
Meskipun dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, dia menjelaskan warga agar tidak takut datang ke TPS dengan alasan takut tertular penyakit. Ditegaskan Susi, pihak penyelenggara Pilkada yaitu KPU telah mempersiapkan segala sesuatunya sesuai protokol kesehatan.
“9 Desember mendatang masyarakat jangan takut mencoblos ke TPS. KPU sudah mempersiapkan sesuai protokol kesehatan. Dan saya tegaskan kepada masyarakat, jangan lupa coblos nomor 3, pasangan Hj Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa. Mari kita sesarengan Mbangun Sleman menjadi lebih baik, pungkasnya.

Sugiyem, salah satu pedagang Pasar Kejambon menyambut baik sosialisasi kesehatan yang dilaksanakan relawan perempuan Kustini-Danang. Meski diakui, selama masa pandemi Covid-19 pemerintah selalu mengingatkan kepada pedagang maupun pengunjung agar selalu menjalankan protokol kesehatan.
Langkah ini dinilai tepat karena warga belum tentu seluruhnya patuh dan taat himbauan dari pemerintah. Dengan sosialisasi ini diharapkan kesadaran masyarakat untuk selalu hidup bersih dan sehat tidak berhenti.(Awn)

Read previous post:
Sekeluarga Terpapar Corona, 8 Tetangga Ikut Tertular

Close