HARI INI JALANI TES FISIK – Atlet Puslatda DIY Aman dari Covid-19

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Setelah menjalani rapid tes dan tes kesehatan pada Sabtu (7/11) lalu, para atlet DIY yang masuk dalam program Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI-2021 di Papua, dinyatakan aman dari paparan covid-19. Dengan demikian, para atlet Puslatda DIY ini diperbolehkan untuk melakukan latihan secara bersama.

Menurut Wakil Ketua II KONI DIY, Rumpis Agus Sudarko, dari 150 personel yang menjalani rapid tes, sebenarnya terdapat 4 orang yang dinyatakan reaktif. “Dari 4 orang yang reaktif itu langsung kami tindaklanjuti untuk menjalani swab tes. Alhamdulillah hasilnya semuanya negatif sehingga bisa menjalani latihan bersama dengan yang lain,” ungkapnya di Yogya, Jumat (13/11).

Dilanjutkan Rumpis, para personel, baik atlet maupun pelatih yang menjalani rapid tes, memang tidak semua dilaksanakan secara bersamaan. “Kemarin memang untuk yang resmi hari Sabtu lalu. Namun karena ada yang berhalangan, kami kan kerjasama dengan RS DKT untuk rapid tesnya, sehingga ada beberapa yang nyusul. Untuk yang hasilnya sudah kami terima, aman semua,” lanjutnya.

Meski demikian, Rumpis menyampaikan bahwa terdapat beberapa atlet yang belum rapid tes karena masih mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) ataupun ikut kejuaraan. “Kemarin ada 10 orang yang belum tes karena Pelatnas, seperti dari voli pasir, wushu, balap motor dan panahan,” ujarnya.

Setelah menjalani rapid tes, para atlet yang masuk program Puslatda DIY ini, pada Sabtu (14/11) akan menjalani tes fisik. “Tes fisik ini untuk mengetahui ketahanan seorang atlet. Kan sebelumnya latihan digelar secara mandiri sehingga ketahanan fisiknya perlu dilihat lagi secara menyeluruh. Apakah ada penurunan atau tidak, ini perlu disesuaikan untuk kembali memulai latihan bersama nantinya,” imbuhnya.

Selain itu, KONI DIY juga telah menyiapkan tim monitoring untuk melihat secara langsung para atlet berlatih. “Sebenarnya fase latihan transisi ini sudah harus kami lakukan sejak bulan September lalu tapi baru bisa terlaksana di bulan November ini. Ya apapun itu, kami harus terus dorong para atlet berlatih dengan maksimal. Ini akan kami lakukan monitoring ke masing-masing cabor (cabang olahraga) sekaligus memotivasi para atlet saat latihan,” tuturnya. (Oro)

Read previous post:
MASIH BELUM BISA BERSAING – Panahan DIY Uji Coba dengan Pelatnas

BANTUL (HARIAN MERAPI) - Kesempatan berharga didapat tim panahan DIY ketika menjalani uji coba menghadapi tim Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas)

Close