Ujicoba Pedestrian Malioboro Dikeluhan, Sultan Minta Maaf


YOGYA (MERAPI)-Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyampaikan permohonan maaf terkait ujicoba pedestrian Malioboro yang dikeluhkan sejumlah pihak. Sebelumnya banyak pedagang, pemilik toko, tukang becak, dan andong yang mengeluhkan penurunan omzet pendapatan sejak ditutupnya Malioboro untuk kendaraan bermotor.
“Wong jenenge ujicoba. Faktanya memang ujicoba, tapi bukan permanen. Saya mohon maaf jika ada yang dirugikan,” ungkap Sultan kepada wartawan, Rabu (11/11).
Sultan mengatakan ujicoba bertujuan mencari formulasi yang pas untuk kawasan Malioboro ke depannya akan seperti apa. Artinya, kebijakan dapat berubah apabila tidak sesuai dan menimbulkan permasalahan.

“Dari ujicoba ini kita tahu yang paling pas seperti apa. Bukan berarti apa yang lakukan mesti seperti itu,” imbuhnya. Menurutnya, semua pihak yang keberatan terkait dengan ujicoba penutupan Malioboro, usulnya akan ditampung sebagai dasar pengambilan keputusan selanjutnya.
“Keberatan ini nantinya dijadikan dasar mengambil pilihan terbaik,” ungkapnya.
Sebelumnya, Komunitas Kawasan Malioboro dan Paguyuban Pengusaha Malioboro Ahmad Yani (PPMAY) mengeluhkan turunnya pendapatan dengan ditutupnya Malioboro. Mereka mendatangi Kantor Gubernur DIY pada Selasa, (10/11) dan berharap ditemui Gubernur DIY atau Sekretaris Daerah.

Menurut mereka, kebijakan yang diambil tanpa sosialisasi ini menjadikan mereka sudah jatuh tertimpa tangga. Pasalnya, kawasan Malioboro sudah mulai bangkit secara perlahan di tengah pandemi Covid-19. Uji coba pedestrian selama dua minggu dinilai membuat mereka jatuh lagi. Apa yang dialami mereka seakan bertubi-tubi. Ditambah banyak karyawan mereka yang sudah berkeluarga dan mencari penghidupan di Malioboro.
“Kita minta agar segera diberhentikan karena efeknya kepada masyarakat di Malioboro tidak ada, malah merugikan,” ungkap Ketua PPMAY, Sudana Mulyo pada Selasa (10/11). Mereka meminta paling tidak uji coba diubah jamnya dari pukul 18.00-22.00 WIB setiap harinya.(C-4)

Read previous post:
Srikandi Lereng Merapi Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Sleman

Close