Ujicoba Tanpa Kendaraan, Bentor Diizinkan Lewat Malioboro Asal Tertib

YOGYA (MERAPI)- Pemda DIY akhirnya membolehkan becak motor (bentor) melintas saat uji coba pedestrian Malioboro yang dimulai Selasa (3/11) hingga Minggu (15/11) mendatang. Namun, jumlahnya dibatasi sekitar 200 bentor perharinya.
Kebijakan tersebut diputuskan setelah ratusan anggota Paguyuban Becak Motor Yogyakarta (PBMY) menyatakan penolakan terhadap uji coba pengaturan lalu lintas selama dua pekan yang dinilai merugikan dan menutup penghidupan mereka.
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwi Panti Indrayanti mengatakan pihaknya mengizinkan bentor untuk melintas dengan catatan pengemudi bersikap tertib.

“Nanti ketua paguyuban dan satgas yang mengatur,” ungkapnya.
Kepala PBMY, Parmin mengaku lega karena bentor diperkenankan untuk kembali mencari penumpang di kawasan Malioboro meski diimbau untuk tidak melewati kawasan Malioboro jika tidak mendesak.
“Keputusan ini kami merasa senang karena teman-teman kami bisa mangkal. Tapi kita ya ihitk-ithik lah ya istilahnya. Kalau bisa nggak melewati Jalan Malioboro ya nggak lewat,” ungkapnya.
Parmin mengaku mendukung segala program yang dicetuskan oleh Pemda, dengan catatan memikirkan solusi kepada pihak yang terdampak.
“Saya akan mendukung program pemerintah termasuk pedestrian Malioboro ini, tapi kami bikinkan solusi juga. Pikirkan perut kami,” imbuhnya.

Selain itu, sebelumnya permasalahan becak motor dipetakan dengan solusi becak kayuh bertenaga alternatif atau becak listrik. Ditjen Perhubungan Darat telah memberikan dukungan terhadap Pemda DIY terkait penggunaan becak kayuh dengan tenaga penguat alternatif.
“Saya kira kalau ada dana keistimewaan masuk ke situ untuk membuat sistem yang selama ini sangat pantas. Karena mereka ini kan bagaimanapun juga kan tetep mukanya Yogya. Mukanya Pariwisata Yogya. Kalau becak motor tak boleh ya sekarang solusinya bagaimana jalurnya, bagaimana peralihannya, modelnya bagaimana,” jelasnya.(C-4).

Read previous post:
Kakak Ipar Dibacok Gara-gara Campuri Rumah Tangga Adik

Close