RETNO TERPILIH LEWAT AKLAMASI – Perbasi Bantul Sasar Atlet Pelajar

BANTUL (HARIAN MERAPI) – Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Bantul melaksanakan Musyawarah Kabupaten (Muskab) untuk masa kepengurusan periode 2020-2024 pada Minggu (25/10) lalu. Pada Muskab tersebut, Retno Yuliastuti terpilih menjadi Ketua Umum Perbasi Bantul melalui aklamasi.

Sebagai Ketua terpilih Perbasi Bantul, Retno ingin memperbaiki dan melakukan perubahan demi kemajuan basket di Bantul pada kepengurusannya yang baru. Salah satu program yang akan dilakukan dalam memajukan dan meningkatkan pembinaan olahraga basket di Bantul, yakni pendekatan melalui sekolah.

Menurut Reto, olahraga basket lebih digemari oleh anak-anak usia sekolah dan lebih banyak berkembang di sekolah. “Untuk itu kami akan sasar anak-anak sekolah untuk memasyarakatkannya. Kami juga akan mendorong digelarnya pekan olahraga untuk cabor basket secara rutin sebagai ajang kompetisi,” tuturnya.

Tak hanya itu, Retno menambahkan bahwa pihaknya tak akan meninggalkan klub basket yang ada di Bantul sebagai salah satu ujung tombak dalam pengembangan dan pembinaan olahraga basket. “Kami tetap mengajak klub-klub untuk memajukan basket ini secara bersama. Klub akan kami diberdayakan agar bisa bersama-sama memajukan basket di Bantul,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Retno menyampaikan, pihaknya menyiapkan program ujicoba rutin untuk bisa dijadikan semacam ajang kompetisi dalam pembinaan para atlet. “Dengan kolaborasi memajukan basket lewat sekolah dan klub, tentu akan membuat basket bisa lebih maju. Klub kan pasti punya agenda rutin untuk ujicoba,” bebernya.

Pada kepengurusan Perbasi Bantul yang baru ini, Retno akan dibantu oleh tim formatur yang nantinya dalam menyusun kepengurusan secara lengkap. Para anggota tim formatur tersebut yakni, Dedi Wahyu, Rendika BS, Totok HR, Besti K dan Ardin Muslih.

Dalam Muskab Perbasi Bantul tersebut, Sekretaris Pengda Perbasi DIY, Andreas ‘Kobo’ Candra Wibowo berharap agar pada kepengurusan yang baru kali ini, bisa memajukan perkembangan sumber daya manusia (SDM) basket di Bantul. Menurutnya, perkembangan SDM basket di Bantul saat ini sudah maju dengan signifikan dan perlu dipertahankan atau bahkan ditingkatkan.

Bahkan Kobo mengungkapkan bahwa perkembangan pemain di Bantul ditunjukkan dengan keikutsertaannya saat mengikuti seleksi pembentukan tim Pelatnas, mulai U-16, U-18 hingga tim senior. “Perbasi Bantul saat ini sudah menunjukan perkembangan signifikan yang cukup untuk SDM-nya. Mulai dari pemain, wasit, pelatih dan tim statistiknya. Ini perlu dikembangan lebih jauh agar bisa berlevel nasional dan internasional,” tandasnya. (Oro)

Read previous post:
KONI BANTUL DORONG TERTIB ORGANISASI – Masa Kepengurusan 6 Cabor Kadaluarsa

BANTUL (HARIAN MERAPI) - Masa kepengurusan enam cabang olahraga (cabor) telah memasuki masa kadaluarsa di bawah KONI Kabupaten Bantul pada

Close