4 Tahun Korupsi, Mantan Kades Banguncipto Dituntut 6 Tahun Penjara

YOGYA (MERAPI)-Mantan Kades Banguncipto Sentolo Kulonprogo, HS (55) dituntut jaksa Noviana Permanasari SH selama 6 tahun penjara serta denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan dalam sidang teleconference yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Yogya, Selasa (20/10). Selama empat tahun, dia didakwa menggelapkan dan desa bersama bendahara desa tersebut.
Selain itu terdakwa juga dibebankan membayar Uang Pengganti (UP) sebesar Rp 417.708.846 dan jika selama 1 bulan sesudah putusan ini mempunyai kekuatan hukum tetap terdakwa belum membayar uang pengganti, maka harta benda terdakwa dapat disita oleh jaksa dan dilelang. Tetapi bila harta bendanya tidak mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka diganti dengan pidana penjara selama 2 tahun penjara.

Dalam persidangan itu, jaksa menjerat terdakwa dengan pasal 2 ayat 1 jo pasal 18 ayat 1, 2 dan 3 UU RI No 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU RI No 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU RI No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat 1 KUHP dalam dakwaan Primair.

Dalam perkara ini, sebelumnya terdakwa HS bersama Bendahara Desa, Smd (terpisah) telah melakukan korupsi dana desa di Banguncipto sejak 2014 sampai 2018. Perbuatan tersebut diketahui setelah adanya laporan masyarakat ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kulonprogo pada November 2016.
Selama ini terdakwa HS bersama bendaharanya didakwa penuntut umum telah melakukan penyalahgunaan dalam pembangunan fisik di wilayah Desa Banguncipto. Dari pembangunan fisik yang dilakukan ditemukan beberapa proyek tidak sesuai dengan spek.

Bahkan untuk memperkaya diri sendiri, terdakwa HS bersama bandahara Smd telah melakukan pengadaan barang secara fiktif dan tidak sesuai dengan kenyataan. Perbuatan keduanya dinilai telah merugikan keuangan negara. (C-5)

Read previous post:
ERISTA KALIAJI RESTO DI TURI SLEMAN – Sambut Wisatawan di Era Kebiasaan Baru

TURI (HARIAN MERAPI) - Sleman menjadi salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata

Close