POLISI AMANKAN PENGENDARA MOTOR YANG BIKIN RESAH-Tak Pakai Masker, Knalpot Motor pun Blombongan

PAKEM (MERAPI)- Aparat Polsek Pakem menggelar razia sepeda motor yang memakai knalpot blombongan selama dua hari sejak Sabtu (17/10) malam, hingga Minggu (18/10) pagi. Hasilnya, polisi mengamankan sejumlah unit motor dengan knalpot blombongan. Razia digelar lantaran banyak warga yang resah dengan suara knalpot motor blombongan.
Kapolsek Pakem AKP Chandra Lulus Widiantoro SIK kepada wartawan kemarin mengatakan, razia knalpot suara blombongan diawali dengan banyaknya aduan masyarakat.
“Suara knalpot racing banyak dikeluhkan masyarakat, karena suaranya begitu bising di telinga dan sangat mengganggu warga,” beber AKP Chandra, saat dikonfirmasi wartawan.

Atas dasar itu, ujar dia, belasan personel dari Polsek Pakem menggelar giat razia sepeda motor berknalpot blombongan. Tak hanya ditilang, sepeda motor bersangkutan juga diamankan setelah kedapatan melanggar peraturan.
“Imbauan sudah kita lakukan. Karena itu, saat ini sudah mulai tindakan tegas,” ucapnya. AKP Chandra menjelaskan, razia digelar di Jalan Kaliurang, tepatnya pintu gerbang Wisata Kaliurang. Menurutnya, razia pertama dilakukan Sabtu pukul 19.30 melibatkan petugas dari Polsek Pakem, Polres Sleman dan Sarlinmas Kaliurang.

Dalam kesempatan tersebut, petugas menindak 6 pengendara sepeda motor yang memakai knalpot blombongan. “Razia merupakan respons cepat kami atas laporan warga yang terganggu motor blombongan,” tandasnya.
Terhadap keenam orang tersebut langsung dilakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat berkendara. Hasilnya, ada yang tidak membawa SIM dan STNK sehingga langsung dilakukan tilang dan motor diamankan.
“Kendaraan baru bisa diambil jika pelanggar sudah membayar denda tilang dan mengganti knalpot dengan bawaan pabrikan. Kami juga berikan teguran lisan karena mereka tidak pakai masker,” jelasnya.

Kemudian, pagi harinya di lokasi yang sama, polisi kembali melakukan razia dengan traget motor blombongan. Saat razia yang digelar mulai pukul 09.10 WIB, polisi menemukan pengendara yang menggunakan knalpot blombongan.
Lebih lanjut ia menerangkan, razia akan digelar rutin di wilayah hukum Polsek Pakem, Polres Sleman. “Selain suaranya bising, knalpot blombongan juga mengganggu konsentrasi pengemudi lainnya,” pungkasnya.(Shn)

Read previous post:
Makan di Angkringan Tewas Tertabrak Truk

Close