TARGETKAN 7 EMAS DI PEPARNAS – Panahan DIY Berlatih Intensif

BANTUL (HARIAN MERAPI) – Para atlet panahan DIY mulai menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) secara intensif menghadapi Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) tahun 2021 mendatang. Meski tengah dalam kondisi pandemi covid-19, para atlet tetap berlatih dengan berharap mampu mengulang prestasi pada Peparnas 2016 di Jawa Barat yakni meraih 7 medali emas.

Menurut Pelatih Panahan Peparnas DIY, Dalidjo, terdapat 19 atlet yang saat ini bergabung dalam Pelatda National Paralympic Committee (NPC) DIY. “Latihan sudah kembali berjalan secara bersama-sama setelah sebelumnya latihan mandiri. Latihan juga memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat karena masih dalam kondisi pandemi,” terangnya di Bantul, Rabu (14/10).

Dari 19 atlet yang masuk dalam Pelatda NPC DIY tersebut, diakui Dalidjo terbagi dua untuk tempat berlatihnya, yakni di Kulonprogo 10 atlet di Bantul ada 9 atlet. “Untuk Kulonprogo kadang bergantian pindah ke Sleman juga, karena atletnya dari Sleman dan Kulonprogo. Kalau di Bantul latihannya tetap, atletnya dari Bantul, Yogya dan Gunungkidul,” akunya.

Adapun para atlet tersebut berlatih selama tiga kali dalam seminggu. Mereka akan turun di beberapa nomor, seperti standard bow, compound dan recurve, baik kategori putra maupun putri. “Di akhir bulan kami lakukan evaluasi untuk skor yang diraih para atlet. Jadi meski latihannya terpisah, tetap bisa dipantau hasil dan perkembangannya,” imbuhnya.

Disinggung mengenai target yang dicanangkan, Dalidjo mengatakan, raihan 7 medali emas yang ditorehkan pada Peparnas terakhir di Jabar menjadi acuan untuk bisa meraih hasil serupa. “Di Bandung kemarin, kami bisa menjadi juara umum dengan meraih 7 emas. Harapannya bisa mempertahankannya, baik itu yang raihan 7 medali emas atau gelar juara umum. Kalau tidak bisa 7 emas, ya paling tidak kami bertekad untuk bisa mempertahankan juara umumnya,” katanya.

Lebih lanjut, Dalidjo menyebutkan bahwa peta kekuatan dengan masing-masing daerah lain berbeda dibandingkan saat Peparnas 2016 lalu. “Berbeda ya kalau dengan tahun 2016 lalu, peta kekuatannya belum merata. Saat ini kekuatan dari masing-masing daerah sudah cukup merata dan berimbang. Jadi kami target utamanya mempertahankan gelar juara umum, kalau bisa dapat 7 medali emas juga,” tuturnya. (Oro)

Read previous post:
Pemda DIY Ikut Polri Tentang Liga 1

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Pemda DIY menanggapi tidak keluarnya izin dari Polri soal penyelenggaraan Liga 1 bulan November. Pemda DIY

Close