Sapu Halaman Rumah, Warga Nemu Granat

YOGYA (MERAPI)- Warga Kampung Kleben Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta, dikejutkan dengan penemuan granat jenis manggis di pekarangan rumah seorang warga, Selasa (22/9) petang. Temuan itu lantas dievakuasi tim Gegana Polda DIY.
Kasubag Humas Polresta Yogyakarta, AKP Sartono kepada wartawan, Rabu (23/9) mengatakan, granat tersebut pertaman ditemukan oleh Pujilestari (31). Temuan tersebut berawal saat Pujilestari sedang membersihkan pekarangan sekitar rumahnya.

Saat mengorek tanah di sekitar tanaman tomat miliknya, tiba-tiba ada gundukan tanah. Dia kemudian melihat benda berbentuk bulat yang mencurigakan. Curiga dengan hal itu, benda itu kemudian diambil dan ditunjukan pada kerabatnya, Permadi.
“Saat dicek ternyata benda itu adalah granat peninggalan Zaman Belanda. Saat ditemukan granat tersebut sudah usang dan berkarat,” ucap AKP Sartono.

Karena takut hal yang tak diinginkan terjadi, granat manggis itu dibawa ke depan rumah dan ditaruh di depan pagar. Atas temuan tersebut, warga lantas melaporkan ke Polsek Wirobrajan dan diteruskan ke Polda DIY.
Mendapat informasi itu, Tim Gegana Polda DIY kemudian mendatangi lokasi kejadian dengan melakukan olah TKP. Granat itu kemudian diamankan oleh polisi untuk nantinya dijinakkan oleh tim dari Satbrimobda Polda DIY.
“Granat itu sudah diamankan pihak polisi dan TNI Koramil 10 Wirobrajan. Selanjutnya akan dimusnahkan,” pungkasnya.(Shn)

Read previous post:
Diprotes Warga, Penambangan Pasir di Kali Progo Jalan Terus

Close