PROGRAM PUSLATDA DIY DI MASA PANDEMI – Penggunaan Fasilitas Masih Dibahas

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Rencana KONI DIY menggunakan fasilitas olahraga milik Pemda DIY untuk program Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX-2021 di Papua masih dalam pembahasan. Meski demikian, secara prinsip, Pemda DIY telah memberikan izin untuk digunakannya fasilitas olahraga tersebut demi Puslatda atlet DIY.

Menurut Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Disdikpora DIY, Eka Heru Prasetya, terkait permohonan KONI DIY untuk penggunaan fasilitas olahraga sudah mendapat persetujuan. “Jadwal latihan yang diajukan KONI DIY sudah kami terima. Namun untuk realisasinya masih kami bahas karena banyak pertimbangan terkait protokol kesehatan penanganan covid-19,” tuturnya Senin (21/9) di Yogya.

Dilanjutkan Eka Heru, pembahasan terkait penggunaan fasilitas olahraga untuk Puslatda atlet DIY memang perlu melibatkan beberapa instansi. “Terkait penggunaan fasilitas olahraga, kami perlu bahas lebih lanjut dengan BPKA dan Inspektorat,” lanjutnya.

Eka Heru menambahkan, pembahasan dengan BPKA dan Inspektorat terkait penggunaan fasilitas olahraga milik Pemda DIY dikarenakan KONI DIY menginginkan pembebasan biaya. Untuk itu, pembahasan dengan instansi terkait tersebut agar tidak menimbulkan masalah administrasi di kemudian hari.

Sementara itu, Wakil Ketua II KONI DIY, Rumpis Agus Sudarko mengatakan, surat permohonan penggunaan fasilitas olahraga milik Pemda DIY telah dikirimkan beserta jadwal latihan masing-masing cabang olahraga (cabor).

Dalam surat tersebut juga disampaikan bahwa KONI DIY juga sangat mengharapkan dilakukannya pembebasan untuk biaya pemakaian tersebut dikarenakan anggaran yang ada sudah di-refocusing pemerintah daerah terkait penanganan covid-19.

Adapun fasilitas olahraga milik Pemda DIY yang akan digunakan oleh KONI DIY untuk Puslatda meliputi Lapangan Kenari (untuk panahan dan rugby), Stadion Mandala Krida dan Grha Wana Bhakti Yasa (pencak silat), Arena Papan Panjat Mandala Krida (panjat tebing), lintasan atletik Stadion Mandala Krida (atletik), Lapangan Parkir Stadion Mandala Krida (sepatu roda) serta GOR Voli Pasir Mandala Krida (voli pasir). (Oro)

Read previous post:
Ritual Dukun Palsu, Batu Akik Keluar dari Telur Hingga Kendi Gerak Sendiri

Close