Hilang 10 Hari, Nelayan Purworejo Ditemukan Tewas di Gunungkidul


WONOSARI (MERAPI) –Sesosok mayat laki-laki ditemukan mengapung di perairan Pantai Ngeden, Kalurahan Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul, Kamis (17/9) petang. Meski tak ada identitas, namun jenazah itu diyakini sebagai Sager Abdul Azis (18), seorang nelayan warga RT 04/01 Desa Pathuk, Jatimalang, Purworejo, Jawa Tengah yang sebelumnya hilang usai mengalami kecelakaan laut.
“Kapal yang ditumpangi korban bersama dua nelayan karam dihantam gelombang di perairan laut Jatikontal, Purworejo pada Selasa (8/9) lalu. Dari hasil identifikasi dan keterangan dari pihak keluarganya korban diyakini sebagai Sager Abdul Azis. Karena itu jenazah korban langsung diserahkan pihak keluarganya,” kata Humas Basarna DIY, Pipit Eriyanto di lokasi kejadian Kamis petang.

Dia menambahkan, pasca penemuan mayat tersebut pihak Basarnas DIY langsung melakukan koordinasi baik dengan Tim SAR Satlinmas di DIY maupun Jawa Tengah. Hasilnya di wilayah Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo tidak ditemukan adanya korban kecelakaan laut dalam rentang satu minggu sebelumnya. Selain itu juga tidak ada informasi kehilangan anggota keluarga dalam beberapa waktu terakhir yang berkaitan dengan kecelakaan laut. Kemudian didapat dari wilayah lain, di mana pada Selasa (8/9) terjadi laka laut perahu nelayan di Jatikontal, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang ditumpangi tiga nelayan karam dihantam gelombang. Dua nelayan berhasil diselamatkan dan satu dalam pencarian yang akhirnya berhasil ditemukan di perairan Pantai Ngeden, Saptosari, Gunungkidul.

Menurut Pipit, koordinasi dengan Tim SAR Purworejo, Jawa Tengah akhirnya dilanjutkan pencocokan baik ciri-ciri fisik dan pakaian dikenakan korban. Dan hasilnya pihak keluarga meyakini jasad itu sebagai Sager Abdul Azis.
Dikatakan Pipit, identitas korban diketahui dari sejumlah petunjuk dan ciri-ciri yang dibenarkan pihak keluarga. “Meskipun kondisi mayat sudah rusak namun pihak keluarga mengenali dan meyakini jasad tersebut merupakan Azis,” terangnya.(Pur)

Read previous post:
Lawrence Billy Raih Dua Penghargaan di LENSA SCREEN 2020

Close