TINGKATKAN FISIK PEMAIN – PSIM Siapkan Latihan Ekstra

Nanda Nurrandi (kanan) menguasai bola dibayangi Risman Maidullah dan Slamet Budiono. (HARIAN MERAPI-BENI WIDYASWORO)

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Kompetisi Liga 2 musim 2020 dijadwalkan bergulir pada 17 Oktober mendatang. Jadwal padat bakal menanti kontestan peserta, termasuk PSIM Yogya. Sebagai antisipasi untuk menghadapi pertandingan yang cukup berdekatan, tim pelatih menyiapkan latihan ekstra.

Menurut Pelatih Fisik PSIM, Asep Ardiansyah, program latihan ekstra sudah disiapkan pihaknya untuk meningkatkan fisik Yoga Pratama dan kawan-kawan. “Ya kan setelah vakum memang kondisi pemain perlu ditingkatkan. Memang butuh proses tapi kalau dengan waktu persiapan mepet, kami akali dengan latihan ekstra. Tidak setiap hari ya latihan ekstranya, jadi mungkin 2-3 kali seminggu,” ujarnya di sela latihan di Stadion Mandala Krida, Yogya, kemarin.

Kompetisi yang akan menggunakan sistem home tournament, tentu tidak akan memakan waktu yang lama. Untuk itu, jarak jeda pertandingan diperkirakan bakal mepet sehingga perlu disiapkan strategi guna mengatasi ketatnya jadwal. Tak hanya peningkatan fisik, rotasi pemain juga menjadi alternatif tim pelatih untuk menghadapi ketatnya jadwal pertandingan.

Liga 2 dijadwalkan bergulir pada 17 Oktober hingga 5 Desember mendatang. “Coach Seto juga telah menyiapkan strategi untuk rotasi pemain. Jadi harapannya fisik pemain baik untuk tim inti maupun cadangan, jaraknya tidak terlalu jauh. Sehingga siapapun yang bermain, kualitasnya tidak berbeda ketika bermain sebagai tim,” tutur Asep.

Lebih lanjut, Asep menyebutkan bahwa kondisi fisik pemain perlahan menunjukkan peningkatan dibandingkan saat pertama kali berlatih. “Untuk saat ini sebenarnya sudah bagus perkembangan. Harapannya memang bisa semakin maksimal ketika mendekati pertandingan. Memang sulit kalau waktu persiapan mepet tapi ini akan kami maksimalkan,” ujarnya.

Sementara itu, terkait agenda uji coba, Pelatih PSIM, Seto Nurdiyantoro sangat berharap ada uji coba sebelum kompetisi. “Harapannya ya ada uji coba. Namun pastinya seperti apa kita lihat kondisi ya. Kan ini masih pandemi jadi kami juga agak kesulitan untuk mendapatkan tim dan jadwal yang pas. Ya semoga saja ada,” bebernya.

Tak hanya itu, uji coba menjadi tolok ukur bagi skuad Laskar Mataram sebelum mengarungi kompetisi. Terlebih saat Liga 2 bergulir di bulan Maret lalu, PSIM baru sekali melakoni pertandingan dan menelan kekalahan 1-2 dari Sriwijaya FC. Seto berharap pada kesempatan kali ini timnya mampu bermain lebih baik dari sebelumnya meski dengan persiapan mepet. (Oro)

Raymond Tauntu (kanan) berebut bola dengan Dwi Raffi Angga pada sesi latihan kemarin. (HARIAN MERAPI-BENI WIDYASWORO)

Read previous post:
Manajemen PSS Bertemu Barito Putera

SLEMAN (HARIAN MERAPI) - Manajemen PSS Sleman pada Senin (14/9) malam beramah tamah dengan pihak Barito Putera. PSS diwakili Direktur

Close