SOSIALISASI EMPAT PILAR MPR RI – Pancasila sebagai Ideologi Pemersatu Bangsa

Anggota MPR RI Drs HM Idham Samawi saat sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Pendowoharjo Sewon Bantul. (HARIAN MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

SEWON (HARIAN MERAPI) – Anggota MPR RI, Drs HM Idham Samawi menilai Pancasila sebagai ideologi negara yang mampu mempersatukan bangsa. Untuk itu keberadaan Pancasila merupakan harga mati dan tidak bisa ditawar lagi.

“Selama ini Pancasila telah mempersatukan bangsa Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke dan dari Pulau Nias sampai Pulau Rote,” ujar Idham Samawi di sela-sela sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Gedung Balai Desa Pendowoharjo Sewon Bantul, Selasa (8/9).

Untuk itu Idham mengajak masyarakat untuk menjaga idelogi Pancasila tersebut. Karena selama ini Pancasila sebagai ideologi yang sesuai dengan kondisi rakyat Indonesia.

Untuk itu, sosialisasi Empat Pilar MPR RI yakni Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara harus terus dilakukan.

Dengan begitu sosialisasi Empat Pilar MPR RI dapat mengingatkan dan menyegarkan kembali komitmen seluruh komponen bangsa. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dalam rangka mewujudkan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Ditambahkan, Indonesia sebagai negara yang besar para pendiri bangsa menyadari sebagai bangsa majemuk. Selama ini Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, adat istiadat, budaya, bahasa dan agama.

Dengan keanekaragaman tersebut mengharuskan kebijakan negara dapat memperkuat persatuan dan kesatuan. “Sehingga anggota DPR RI maupun DPD RI secara otomatis menjadi anggota MPR RI memiliki tugas untuk mensosialisasikan Empat Pilar tersebut kepada masyarakat,” jelas Idham. (Usa)

Read previous post:
PSS Tak Punya Rencana Cadangan

SLEMAN (HARIAN MERAPI) - Manajemen dan pemain PSS Sleman tampaknya sangat bergantung pada sosok Dejan Antonic. Mereka tak hanya menaruh

Close