Kick Boxing Lakukan Koordinasi dengan KONI DIY

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Adanya anggota baru yang disahkan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI pusat, membuat kepengurusan cabang olahraga (cabor) di daerah termasuk KONI di daerah terkena dampaknya. Saat ini, salah satu cabor baru yakni, kick boxing melalui Kick Boxing Indonesia (KBI) telah melakukan koordinasi dengan KONI DIY terkait rencana masuk sebagai anggota baru.

Menurut Kabid Organisasi KONI DIY, Nolik Maryono, pengurus KBI di DIY sudah melakukan koordinasi dengan pihaknya. “Kalau sebelumnya kan ada 3 cabor pecahan PABBSI yang sudah koordinasi. Kemudian ini ada kick boxing yang koordinasi untuk jadi anggota baru,” ujarnya di Yogya, Jumat (4/9).

Sesuai dengan persyaratan yang ada di AD/ART KONI DIY, maka pengurus cabor yang bersangkutan telah disahkan oleh KONI pusat. Selain itu, terdapat surat keputusan (SK) dari pusat terkait kepengurusan di daerah.

Sedangkan khusus untuk masuk di KONI DIY, persyaratan lainnya yakni, organisasi tersebut memiliki kepengurusan, kantor kesekretariatan dan minimal punya  3 kepengurusan di tingkat kabupaten atau kota. “Selain itu juga harus sudah pernah, minimal sekali, menggelar kejuaraan daerah,” terangnya.

Meski demikian, Nolik mengatakan bahwa pengesahan untuk menjadi anggota baru KONI DIY, tidak bisa dilakukan setiap waktu. “Kalau pengajuannya memang bisa setiap waktu. Namun kalau pengesahannya harus dilakukan lewat Rapat Anggota Tahunan (RAT) atau Musorda KONI DIY,” katanya.

Terpisah, Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto menyampaikan, pihaknya siap mengakomodir cabor-cabor baru untuk masuk sebagai anggota baru di KONI DIY. Akan tetapi, faktor efisiensi dan skala prioritas, menjadi pertimbangan KONI DIY untuk mendukung secara maksimal terhadap cabor-cabor berprestasi.  

“Bukan berarti kemudian akan jadi sama semua. Makanya kami buat skala prioritas, mana yang berprestasi, itulah yang disuport dengan maksimal. Untuk itu, bagi cabang-cabang baru yang ingin eksis, ya berjuang dulu,” tandasnya. (Oro)

Read previous post:
PSIM Ajukan Izin Mandala Krida

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Tak hanya ingin melakukan latihan di lapangan terbuka, PSIM Yogya juga berkeinginan untuk menggelar latihan secara

Close