Tambah 20 Orang Positif Corona, 10 Pasien Dinyatakan Sembuh

YOGYA (MERAPI)-Pemda DIY melaporkan penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 20 kasus pada Selasa (1/8). Dengan jumlah ini sehingga total kasus positif sebanyak 1.445 kasus. Di sisi lain, ada 10 pasien yng dinyatakan sembuh.
Juru bicara Pemda DIY untuk penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih mengatakan, jumlah sampel yang diperiksa kemarin sebanyak 462 sampel dan 385 orang.
“Kasus positif terdiri dari 8 warga Bantul, 4 warga Kulonprogo, dan 8 warga Sleman,” ungkap Berty. Dijelaskan, riwayat kasus terdiri dari 1 kasus hasil screening pendidikan, 13 kasus tracing dari kasus sebelumnya, 1 kasus dikarenakan kontak dengan orang Jakarta, dan 5 kasus masih dalam penelusuran.

Selain itu dilaporkan jumlah kasus sembuh sebanyak 10 kasus sehingga total kasus sembuh sebanyak 1.036 kasus yang terdiri dari 1 warga Kota Yogyakarta, 1 warga Kulonprogo, dan 8 warga Sleman.
Di Wates, Pemkab Kulonprogo merilis tambahan empat kasus baru, sehingga total menjadi 80 kasus positif corona.
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan empat pasien baru, yakni perempuan (KP-77) umur 28 tahun warga Lendah, perempuan (KP-78) umur 16 tahun warga Pengasih, laki-laki (KP-79) umur 22 tahun warga Pengasih, dan perempuan (KP-90) umur 26 tahun warga pengasih.
“Pasien positif KP-77 dan KP-80 merupakan tenaga kesehatan di sebuah fasilitas pelayanan kesehatan di Kulonprogo. Keempat pasien positif Covid-19 memiliki riwayat kontak dengan pasien KP-72 yang merupakan tenaga kesehatan,” kata Baning.

Ia mengatakan tiga pasien baru kemarin langsung dirawat di RSUD Wates dan Rumah Singgah Teratai, satu pasien dirawat di ruang isolasi RSUD Wates.
“Perbedaan Rumah Singgah Teratai dan RSUD Wates, yakni tingkat intensitas pengawasan,” katanya.
Lebih lanjut, Baning mengatakan pihaknya menutup salah satu fasilitas pelayanan kesehatan di Kulonprogo dari 2 sampai 5 September guna sterilisasi dan penyemprotan desinfeksi. “Fasilitas pelayanan kesehatan dilakukan penutupan sementara 2-5 september 2020 untuk dilakukan pemeriksaan kepada pegawai lain yang kontak kasus konfirmasi dan dilakukan desinfeksi,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kulonprogo, kasus pasien positif Covid-19 di Kulonprogo sebanyak 80 kasus dengan rincian 35 orang dirawat, 43 orang sembuh dan dua orang meninggal dunia. “Kami mengingatkan kembali kepada masyarakat Kulonprogo untuk memakai masker, menghindari kerumunan dan menjaga jarak,” harapnya.(C-4).

Read previous post:
Mini Zoo Jogja Exotarium Buka Wahana Baru

MESKI pandemi belum berakhir namun sejumlah destinasi wisata mulai menggeliat dan dibuka bagi kunjungan wisatawan. Salah satunya Mini Zoo Jogja

Close