Positif Corona Tambah 42, Didominasi Warga Bantul

YOGYA (MERAPI)-Pemda DIY mengumumkan penambahan 42 kasus positif Covid-19 pada Kamis (27/8) sehingga total kasus positif Covid-19 hingga saat ini sebanyak 1.306 kasus dari 992 sampel yang diperiksa pada 712 orang.
Juru bicara Pemda DIY untuk penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih mengatakan, penambahan pasien merupakan kasus 1.270 sampai dengan 1.311 didominasi warga Bantul.
“Warga Bantul sebanyak 20 kasus, warga Sleman ada 11 kasus, warga Kota Yogyakarta dan Gunungkidul masing-masing 5 kasus, serta 1 orang warga Kulonprogo,” jelasnya.

Adapun distribusi kasus berdasarkan riwayat terdiri dari 11 kasus berasal dari screening karyawan kesehatan, 5 kasus screening karyawan non kesehatan, 9 kasus dari hasil kontak tracing kasus sebelumnya, 2 kasus perjalanan luar kota, dan 15 kasus masih dalam penelusuran.
Sementara itu, dilaporkan 31 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19 sehingga total kasus sembuh sebanyak 923 kasus. Terdiri dari 8 warga Bantul, 7 warga Kota Yogyakarta, 2 warga Kulonprogo, 1 warga Gunungkidul, dan 13 warga Sleman.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul dr Dewi Irawaty M Kes juga membenarkan pasien corona di Gunungkidul bertambah 5 orang sehingga total dalam jumlah kumulatif selama pandemi corona menjadi 182 orang dinyatakan positif. Selain terdapat penambahan positif, jumlah pasien sembuh juga terus bertambah yakni sebanyak 5 orang. Sehingga total pasien positif berhasil sembuh menjadi 148 orang, meninggal 4 orang dan dalam perawatan sebanyak 30 orang. “Untuk pasien positif sembuh di Gunungkidul cukup tinggi dan kita berharap pasien yang masih dalam perawatan berhasil disembuhkan,” kata Dewi Irawaty.

Adapun penambahan pasien positif tersebut yakni seorang laki-laki usia 24 Tahun dari Karangmojo dan dari hasil tracing yang bersangkutan tersebut merupakan seorang pelaku perjalanan. Kedua seorang perempuan usia 75 tahun dari Semin diketahui dari suspek dan hasil swab yang penularannya masih dalam penelusuran, selanjutnya seorang laki-laki 44 tahun berasal Ponjong yang diketahui melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi positif sebelumnya. Kemudian seorang laki-laki berusia 75 tahun berasal dari Ponjong diketahui juga karena melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi positif sebelumnya dan seorang perempuan berusia 65 tahun dari Playen juga punya riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif. “Kelima pasien positif Covid-19 sudah kami lakukan penanganan dan saat ini sudah menjalani karantina dan perawatan medis,” imbuhnya.

Sementara untuk pasien positif sembuh, kata dia, sebelumnya telah menjalani perawatan rumah sakit dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). “Persentasi jumlah pasien positif sembuh tersebut cukup tinggi karena dari sebanyak 182 pasien, dinyatakan sembuh sebanyak 148 orang dan jumlah positif meninggal hanya terdapat 4 orang karena pasien tersebut memiliki riwayat penyakit penyerta (Komorbid),” tandasnya.(C-4/Pur)

Read previous post:
WARUNG MAKAN SEDEKAH DAN BERBAGI DI PENGASIH- Bantu Sesama, Mantan Dosen Buka Warung Makan Gratis

Suasana warung makan Sedekah dan Berbagi milik Abdul.(MERAPI-AMIN KUNTARI) BERBAGI tanpa takut merugi. Prinsip itulah yang selalu dipegang Abdul Ghofar,

Close