TAK DIGUNAKAN LATIHAN – SSA Hanya untuk Laga Resmi

BANTUL (HARIAN MERAPI) – Digunakan sebagai home base tiga tim yang akan berlaga di Liga 1 kompetisi musim 2020, pengelola Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul memberlakukan kebijakan baru yakni tidak memperbolehkan tim untuk melakukan latihan. Dengan demikian, SSA hanya digunakan untuk laga resmi karena bakal menjadi kandang 3 tim Liga 1.

Menurut Kasi Sarana dan Prasarana Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Bantul, Bagus Nur Edy Wijaya, pihaknya terpaksa menerapkan kebijakan baru demi menjaga kualitas rumput yang ada di SSA. “Karena ada tiga tim yang akan menggunakan stadion, maka lapangan hanya digunakan untuk laga resmi saja,” terangnya di Bantul, Selasa (11/8).

Disebutkan Bagus, lapangan hanya diperbolehkan untuk latihan resmi satu hari sebelum pertandingan karena untuk menjajal lapangan sebelum tim bertanding. Dengan demikian, waktu jeda bagi pengelola untuk melakukan perawatan rumput dinilai cukup.

Pada lanjutan kompetisi Liga 1 yang akan digulirkan kembali mulai bulan Oktober mendatang, terdapat tiga tim yakni Bali United, Persija Jakarta dan PSM Makassar yang bakal menggunakan SSA sebagai home base. Jika masing-masing tim menggunakan SSA untuk latihan rutin, tentu rumput stadion bakal rusak karena terlalu sering digunakan.

Meski demikian, Bagus mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini terus melakukan perawatan terhadap rumput yang ada di SSA. Perawatan tersebut berupa penyiraman, pemupukan, pemangkasan hingga penggantian rumput baru jika ada yang rusak. “Meski tak digunakan, perawatan tetap kami lakukan secara rutin,” ungkapnya.

Selain itu, untuk beberapa fasilitas yang harus dilengkapi, Bagus mengaku jika pihaknya masih dalam proses persiapan, termasuk ruang ganti tambahan. “Persiapan masih terus jalan ini ya untuk ruang ganti tambahan. Untuk ketersediaan hand sanitizer di masing-masing ruang ganti juga akan kami siapkan sesuai permintaan PT LIB (Liga Indonesia Baru),” akunya.

Terkait lapangan yang bisa direkomenasikan sebagai tempat berlatih tiga tim tersebut, Bagus menyerahkan sepenuhnya kepada masing-masing tim. “Kalau lapangan latihan mungkin menyesuaikan dengan timnya saja. Kan saya tidak tahu mereka menginap dimana, bisa di Yogya atau Sleman. Tentu akan lebih enak jika cari lapangan yang dekat dengan hotel mereka menginap,” tuturnya. (Oro)

Read previous post:
Kartun Jurukunci, Rabu (12/8/2020)

Close