Baru 2 Hari Masuk RS, Pasien Corona Meninggal

YOGYA (MERAPI)- Pemda DIY melaporkan adanya penambahan 14 kasus positif Covid-19, Senin (10/8) dari 606 sampel pada 428 orang yang diperiksa. Sementara satu orang pasien dinyatakan meninggal dan 23 orang pasien sembuh dalam sehari.
Dengan jumlah ini, sehingga total kasus positif Covid-19 di Yogyakarta sebanyak 876 kasus dan 593 orang dinyatakan sembuh. Adapun jumlah suspek hingga saat ini sebanyak 11.006 orang.
Juru bicara Pemda DIY untuk penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih mengatakan, satu kasus positif Covid-19 meninggal dunia yakni kasus 880, perempuan usia 45 tahun warga Kulonprogo. Sehingga total kasus kematian sejumlah 25 kasus.

“Tanggal 7 Agustus masuk Rumah Sakit di Kulonprogo dan tanggal 9 Agustus meninggal. Tidak ada keterangan komorbid (penyakit bawaan). Dirujuk Minggu (9/8) pagi, sampai rumah sakit meninggal,” ungkapnya.
Ditambahkan Berty, sementara tambahan kasus positif yakni kasus 868 hingga 880 dengan rincian dua warga Kota Yogyakarta, dua warga Bantul, satu warga Kulonprogo, satu warga Gunungkidul, dan 8 warga Sleman.
“Riwayat kasus terdiri dari 7 kasus kontak tracing, 3 kasus perjalanan luar daerah, 3 kasus masih dalam penelusuran, dan satu kasus kontak dengan keluarga yang pulang dari Semarang,” ungkapnya.

Di sisi lain, ujar Berty, dilaporkan 23 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19 sehingga jumlah kasus sembuh sebanyak 593 orang, meliputi satu orang warga Kota Yogyakarta, 9 orang warga Bantul, 3 orang warga Gunungkidul dan 10 orang warga Sleman.
Wakil Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana menambahkan, upaya Pemda DIY dalam pencegahan persebaran Covid-19 dilakukan melalui sinergi bersama pentahelix, di mana unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi hingga pengusaha saling bekerjasama.
“Meningkatkan sinergitas pentahelix dalam rangka penerapan protokol Covid-19,” ungkapnya, Senin (10/8).

Biwara menyebut penerapan protokol juga menyesuaikan pada kearifan lokal masyarakat. Ditambah masing-masing Kabupaten atau Kota di Yogyakarta juga telah menerapkan pemberian sanksi sesuai kebijakan masing-masing.
“Penerapan disiplin disesuaikan kearifan lokal kita sebagai modal sosial di masyarakat. Impelemntasi DIY sepert itu,” imbuhnya.(C-4)

Read previous post:
ilustrasi
Elf Bawa Rombongan Pendaki Tabrak Tebing, 1 Tewas 2 Luka

KARANGANYAR (MERAPI) - Kecelakaan lalu lintas menyebabkan seorang penumpang tewas dan dua lainnya luka-luka di Dukuh Sicepit Desa Kemuning, Ngargoyoso,

Close