Namanya Dicatut Penipu, Wabup Kulonprogo: Orang Iseng

WATES (MERAPI)- Nama Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana, dicatut oknum tidak bertanggungjawab untuk melakukan penipuan. Melalui pesan singkat aplikasi whatsApp, pelaku mengatasnamakan diri sebagai Wabup dan meminta dikirimi sejumlah uang. Bahkan, pelaku memakai foto Fajar sebagai profil di nomor WhatsAppnya.
Dihubungi <I>Merapi<P> Jumat (7/8), Fajar mengaku dirugikan atas upaya penipuan tersebut. Ia pun meminta masyarakat lebih waspada, serta mengabaikan pesan singkat yang mengatasnamakan dirinya untuk meminta uang.
“Kalau ada yang minta uang jangan ditanggapi. Itu orang iseng,” tegasnya.
Fajar menguraikan, salah satu pengguna whatsapp yang nyaris menjadi korban penipuan adalah orang terdekatnya. Dalam pesan whatsapp, oknum penipu menggunakan foto Fajar sebagai foto profilnya. Ia kemudian mengirim pesan singkat kepada orang terdekat Fajar.

Melalui pesan singkat tersebut, pelaku menyampaikan sedang berada di perbukitan namun membutuhkan uang. Ia lantas meminjam uang sebesar Rp 4,3 juta dengan sistem transfer. Pelaku juga berjanji akan segera mengganti setelah turun dari perbukitan.
“Kejadiannya sekitar pukul 20.00 WIB. Tapi karena yang di-WA itu orang terdekat saya, dia merasa ragu. Sebab, nomornya berbeda dengan nomor yang biasa saya gunakan,” urai Fajar.

Orang terdekat Fajar kemudian mengonfirmasi perihal pinjaman itu ke nomor asli Wabup. Dari sana terungkap, pengirim pesan singkat bukanlah Fajar.
“Ada beberapa orang yang diajak komunikasi oleh pelaku. Untungnya belum ada korban karena mereka konfirmasi ke saya,” katanya.
Fajar kemudian mewanti-wanti agar masyarakat lebih waspada. Jika ada peristiwa serupa, ia meminta agar pesan singkat yang mengatasnamakan dirinya untuk meminta uang diabaikan.
“Nomor saya hanya satu, dan saya tidak pernah minta dikirimi uang,” tegasnya. (Unt)

Read previous post:
Pasien Sembuh di DIY Tembus 29 Orang Dalam Sehari

Close