PEMBAGIAN GRUP LIGA 2 – PSIM Berharap Sesuai Letak Geografis

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Terdapat perbedaan format kompetisi pada Liga 2 musim 2020 setelah sebelumnya dilaksanakan dengan dibagi dalam dua grup. Sempat terhenti karena pandemi Covid-19, kompetisi kasta kedua di Indonesia ini dijadwalkan bakal dilanjutkan mulai bulan Oktober mendatang dengan format home tournament.

Dengan format baru tersebut, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan bahwa para tim peserta akan dibagi menjadi 4 grup dengan masing-masing grup diisi sekitar 6 tim. PSIM Yogya sebagai salah satu peserta yang berasal dari Pulau Jawa, berharap agar pembagian grup tersebut disesuaikan dengan letak geografis tim.

Menurut Manajer PSIM, David MP Hutauruk, pihaknya memang telah merencanakan keberangkatan tim untuk mengikuti babak penyisihan dengan sistem home tournament. “Kami harap pembagian grup ini disesuaikan dengan domisili dari tim peserta. Memang kami berencana untuk berangkat sekitar 1,5 bulan sebelum kompetisi dimulai sebagai bagian dari persiapan. Namun ya disesuaikan dengan venue yang akan jadi tempat pertandingan nanti,” terangnya, Minggu (2/8).

Dikatakan David, rencana keberangkatan sekitar 1,5 bulan sebelum kompetisi tersebut diasumsikan jika timnya akan bermain di Pulau Jawa. “Ya rencana itu kan kalau kami menggunakan bus pribadi. Kalau menggunakan pesawat mungkin ada pertimbangan lain. Makanya kalau pembagian grupnya sesuai domisili klub, maka perjalanan darat kan bisa dilakukan. Namun kalau akhirnya masuk grup yang berbeda pulau, kami akan menyesuaikan,” katanya.

Mengenai perkembangan persiapan latihan yang akan dijalani Yoga Pratama dan kawan-kawan, David mengungkapkan jika pihaknya masih menunggu kepastian tanggal dari PT LIB dan PSSI. “Kami masih tunggu tanggal. Kan sampai saat ini belum fix. Belum ada manager meeting juga kan,” ungkapnya.

Adapun PT LIB melalui Direktur Operasionalnya, Sudjarno menyampaikan bahwa pihaknya berencana membagi peserta kompetisi menjadi 4 grup. “Dari 4 grup tersebut nanti satu grup ada di Pulau Sumatera, satu di Pulau Kalimantan dan dua grup di Pulau Jawa. Namun ini belum fix ya, masih akan ditentukan saat manager meeting Liga 2 nanti,” tuturnya.

Selain itu, Sudjarno juga menyebutkan bahwa terdapat beberapa tim yang sudah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah. Sejumlah tim yang mengajukan diri menjadi tuan rumah di antaranya, Tiga Naga, Badak Lampung FC, PSCS Cilacap, Kalteng Putra, Persijap Jepara, Sulut United, dan Persis Solo.

Terkait kemungkinan PSIM bakal satu grup dengan Persis karena dari letak geografis memang berdekatan, Sudjarno mengaku bahwa hal tersebut menjadi pertimbangan baginya. “Akan kami pertimbangkan mengingat fakta-fakta yang terjadi sebelumnya. Tentu jadi bahan pertimbangan ketika pengundian nanti. Namun seperti apa detailnya masih akan kami bahas lebih lanjut,” akunya. (Oro)

Read previous post:
JIKA PON XXI DI ACEH DITUNDA – Porda Selanjutnya Berpeluang Mundur

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY untuk periode selanjutnya yang dijadwalkan digelar pada tahun 2023, berpeluang

Close