TAHAPAN PORDA DIY XVI-2022 – Batas Mutasi Atlet Agustus 2021

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Jadwal pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY telah ditetapkan pada 1-9 September 2022 mendatang. Setelah itu, KONI DIY telah melakukan koordinasi dengan KONI kabupaten dan kota terkait tahapan yang akan dilalui. Salah satu tahapan yang menjadi perhatian yakni proses perpindahan atau mutasi atlet dibatasi maksimal dilakukan pada bulan Agustus tahun 2021 atau satu tahun sebelum pelaksanaan Porda DIY 2022.

Menurut Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan perwakilan KONI kabupaten dan kota terkait tahapan yang akan dilalui sebelum Porda DIY 2022. “Sudah disepakati untuk tahapan yang akan dilalui. Kan kemarin sudah disepakati untuk tanggal pelaksanaan Porda, 1-9 September 2022,” ujarnya di Yogya, Kamis (30/7).

Lebih lanjut, Djoko Pekik menyampaikan bahwa terdapat tiga tahapan yang dilalui sebelum pelaksanaan Porda DIY 2022. Ketiga tahapan tersebut yakni, penyelesaian status mutasi atlet, pendaftaran nomor (entry by number) pertandingan dan pendaftaran nama atlet (entry by name).

“Terkait penyelesaian status atlet, ini baik untuk syarat administrasi maupun mutasi jika ada perpindahan. Jadi kalau Porda digelar 1 September 2022, maka persyaratan status atlet harus sudah selesai maksimal 31 Agustus 2021 atau satu tahun sebelum pelaksanaan,” lanjutnya.

Mengenai pendaftaran nomor pertandingan Djoko Pekik mengatakan, sesuai regulasi dilakukan 6 bulan sebelum Porda digelar. Dengan regulasi tersebut, maka pelaksanaan entry by number disepakati akan berlangsung 1-12 Maret 2021.

Selain itu, Djoko Pekik menambahkan, untuk proses entry by number telah disepakati hanya berlangsung selama sekitar 12 hari. “Untuk entry by number kami sepakat hanya memberikan waktu 12 hari karena tak serumit tahapan lainnya, yakni hanya memasukkan nomor apa saja yang ingin diikuti,” imbuhnya.

Sedangkan terkait tahapan entry by name tenggat waktu yang diberikan yakni selama satu  bulan. Untuk pelaksanaan entry by name dilakukan 4 bulan sebelum pelaksanaan Porda. “Untuk tahapan ini memang lebih rumit ya, karena harus memasukkan nama-nama atlet ke dalam sistem sesuai dengan kelas atau nomor.  Maka untuk pelaksanaannya waktunya satu bulan, yakni 1 hingga 31 Mei,” katanya. (Oro)

Read previous post:
Mobil Curian Dijual Rongsokan

PURWOREJO (MERAPI) – Aksi pencurian mobil yang dilakukan FIW (30) warga RT 12/RW 04 Desa Pasuruhan Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung

Close