Penipu Ulung 3 Bulan Gelapkan 16 Mobil Rental

BULAKSUMUR (MERAPI)- Seorang penipu ulung, HS (44) warga Panggungharjo, Sewon, Bantul akhirnya ditangkap polisi Polsek Bulaksumur, Sleman. Dia berhasil disergap saat sembunyi di Magelang. Selama tiga bulan beraksi, pelaku sudah menggelapkan 16 mobil rental di Sleman, Bantul, Kota Yogya dan Kulonprogo.
Kapolsek Bulaksumur Kompol Sugiarto didampingi Kanit Reskrim Iptu Fendi Timur kepada wartawan, Jumat (24/7) mengatakan, pelaku dibekuk berdasarkan laporan korban Ony Agust (44), seorang pengusaha mobil rental di Caturtunggal, Depok, Sleman. Menurut Sugiarto, pada bulan lalu, pelaku merental sebuah mobil Toyota Avanza milik korban. Dalam kesepakan itu pelaku membayar biaya sewa Rp 3 juta untuk waktu sebulan.
Tanpa menaruh curiga, korban lantas memberikan mobil Toyota Avanza ke pelaku. Usai mendapatkan mobil yang dipesan, bukannya dipakai sendiri, pelaku malah menggadaikan pada seseorang di Sleman.

Kecurigaan korban mulai muncul setelah jatuh tempo pengembalian mobil, pelaku tidak bisa dihubungi. Sadar ditipu, korban selanjutnya melapor ke Polsek Bulaksumur guna dilakukan penyelidikan.
“Pelaku dan korban ini saling kenal. Pelaku ini awalnya pernah bekerja di sebuah usaha rental mobil sehingga korban sudah kenal dan saling percaya,” ucap Kompol Sugiarto.
Dari laporan itu, dipimpin Iptu Fendi, polisi lantas melakukan penyelidikan di lapangan. Sejumlah saksi, termasuk teman pelaku diperiksa. Berbekal keterangan dari korban dan saksi, petugas berhasil mengidentifikasi keberadaan pelaku di daerah Magelang Jawa Tengah.
Tidak mau buruannya lepas, petugas bergerak cepat dengan melakukan upaya penangkapan pelaku. Saat itu pelaku terdeteksi di sebuah pondok pesantren. Dia pun berhasil diamankan.

Pelaku kemudian digelandang ke Polsek Bulaksumur guna dilakukan pemeriksaan. Kepada petugas, pelaku mengaku telah menggadaikan 16 mobil rental dari beberapa tempat persewaan di wilayah Sleman, Bantul, Kota Yogya dan Kulonprogo. Dia beraksi sejak tiga bulan silam.
“Mosus operandi pelaku sama, di mana pelaku sewa mobil secara bulanan kemudian digadai pada seseorang di wilayah Jawa Tengah dan DIY,” kata Iptu Fendi. Dikatakan, hingga kini polisi masih memeriksa pelaku untuk mengetahui aksi penipuan yang dia lakukan di tempat lain.(Shn)

Read previous post:
Pindahkan BBM, Carry Disambar Api

KARANGANYAR (MERAPI) - Kebakaran menghanguskan mobil Carry dan sejumlah peralatan kerja milik warga Dusun Nglinggu Desa Buran Tasikmadu, Sutrisno (50),

Close