HOME BASE LIGA 1 2020 – Persija Ajukan Peminjaman SSA

BANTUL (HARIAN MERAPI) – Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul kembali mendapat peminat dari tim Liga 1 yang akan melanjutkan kompetisi musim 2020 di tengah pandemi Covid-19 mulai Oktober mendatang. Setelah PSM Makassar yang sudah secara resmi mengajukan surat, kini giliran Persija Jakarta yang berminat untuk menjadikan SSA sebagai home base pada kompetisi musim ini.

Menurut Kasi Sarana dan Prasarana Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Bantul, Bagus Nur Edy Wijaya, tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut telah mengajukan surat permohonan izin penggunaan SSA untuk jadi home base di Liga 1 musim ini. “Ini baru saja surat dari Persija masuk melalui email. Ya saat ini berarti ada dua tim Liga 1 yang sudah pasti akan menggunakan SSA, yakni Persija dan PSM,” terangnya di Bantul, Rabu (15/7).

Persija sebenarnya sudah pernah menjadikan SSA sebagai home base pada kompetisi Liga 1 musim 2018 lalu. Saat ini Persija terpaksa ‘nunut’ untuk berkandang di Bantul dikarenakan Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Pakansari tengah digunakan untuk Asian Games.

Dilanjutkan Bagus, secara prinsip pihaknya selaku pengelola sebenarnya terbuka bagi tim-tim yang akan menjadikan SSA sebagai homebase latihan dan pertandingan di Liga 1. Namun karena SSA merupakan aset yang dimiliki Pemkab Bantul, maka izin tetap menunggu dari Bupati Bantul. Untuk itu, kepada dua tim yang telah mengajukan surat permohonan, pihaknya menyarankan untuk melakukan audiensi langsung dengan Bupati Bantul.

“Ya karena stadion ini milik Pemkab Bantul, jadi kami menyampaikan pada manajemen tim yang akan menggunakan untuk beraudiensi ke Bapak Bupati dulu. Nah untuk kapannya, masih akan dikomunikasikan lagi,” lanjutnya.

Disinggung mengenai kemungkinan tim lain yang akan turut menggunakan SSA sebagai home base, Bagus mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memastikannya. Namun pihaknya tetap terbuka jika ada tim lain yang berminat menggunakan SSA sebagai home base dan tempat bertanding pada musim 2020 ini.

Selain itu, Bagus juga menyampaikan bahwa batas pendaftaran penentuan home base ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) masih ditunggu hingga 15 Juli (kemarin) sehingga masih terdapat kemungkinan bagi tim yang masih akan mengajukan permohonan izin.

“Kan pendaftarannya ke LIB sampai tanggal 15 Juli. Tanggal 15 Juli kan sampai malam, mungkin nanti (tadi malam) masih ada tim yang mengajukan permohonan, kan masih mungkin. Ya belum tahu nanti, akan kita lihat,” katanya. (Oro)

Read previous post:
Impian Marsudi Dirikan Masjid di Tempat Kelahirannya Jadi Kenyataan

Close