Jalani Swab, 900 Petugas Puskemas Kota Yogya Negatif Covid-19

UMBULHARJO (MERAPI)-Sebanyak 900 petugas di seluruh puskesmas di Kota Yogyakarta dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap dahak atau swab tes untuk mendeteksi Covid-19 pada pekan lalu. Sementara itu pada Selasa (14/7), dilaporkan ada penambahan 8 pasien corona di DIY serta 9 pasien lain sembuh.
“Yang sudah swab tes petugas dari semua puskesmas di Kota Yogya. Semua hasilnya negatif,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Selasa (14/7).
Dia menegaskan tes usap dahak itu untuk memastikan para petugas di Puskesmas yang sering kontak langsung menangani masyarakat, benar-benar dalam kondisi sehat. Ditargetkan swab tes menyasar sekitar 1.700 orang petugas puskesmas, rumah sakit, petugas Satpol PP serta keamanan Malioboro Jogoboro yang berisiko sering berinteraksi dengan masyarakat.

“Nantinya akan segera disusul dengan petugas di rumah sakit. Terus teman-teman yang di lapangan seperti jogoboro, Satpol PP, para lurah dan camat,” tambahnya.
Menurutnya untuk menuju masa kebangkitan harus dipastikan tenaga medis dalam kondisi sehat. Mengingat selama ini ada tenaga kesehatan yang positif Covid-19. Sedangkan Swab tes dipilih daripada rapid test agar lebih cepat mendeteksi dan menangani tenaga medis jika terpapar virus.
Pemkot Yogyakarta mencatat per Selasa (14/7) jumlah kasus positif Covid-19 di Yogyakarta ada 3 pasien yang dirawat, 36 orang sembuh dan 2 meninggal. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) ada 5 orang dan meninggal PDP 37 orang.(Tri)

Read previous post:
Cari Musuh, Pelajar SMP Keluyuran Bawa Pedang

Close