POSITIF COVID-19 DI DIY BERTAMBAH 8-Seorang Pasien Tularkan Corona Kepada 7 Orang

YOGYA (MERAPI)-Kasus posiif corona di DIY dilaporkan bertambah 8 kasus pada Senin (13/7). Satu pasien dinyatakan meninggal serta dua orang sembuh. Secara total, kasus positif Covid-19 di DIY sebanyak 379 kasus, 295 orang dinyatakan sembuh dan 10 orang meninggal.
Juru bicara Pemda DIY untuk penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih kepada wartawan kemarin mengatakan, seorang perempuan berusia 44 tahun warga Gunungkidul (Kasus 324) yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada Jumat (3/7) lalu bahkan hingga saat ini disebut telah menularkan pada 7 orang lainnya, empat orang di antaranya tertular kemarin.
“Mereka yang tertular terdiri dari kasus 378, perempuan usia 16 tahun warga Gunungkidul, Kasus 379 laki-laki 12 tahun asal Gunungkidul, Kasus 380 perempuan usia 70 tahun warga Gunungkidul, dan Kasus 382 perempuan 29 tahun warga Bantul,” ungkapnya.
Dia menambahkan satu kasus positif lainnya adalah kasus 375, laki-laki berusia 50 tahun warga Kota Yogyakarta yang sebelumnya masuk dalam Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Dia meninggal usai dirawat beberapa hari.

“Masuk Rumah Sakit tanggal 2 Juli siang, meninggal sorenya,” ungkap Berty. Adapun kasus 376, laki-laki 32 tahun warga Gunungkidul sebelumnya kontak dengan Kasus 371, yakni perempuan 59 tahun asal Gunungkidul. Sementara kasus 377, laki-laki 23 tahun asal Bantul riwayat hasil screening tenaga medis. Lelaki tersebut adalah petugas kesehatan dari Puskesmas Banguntapan 2 dan riwayatnya masih dilacak. Sedangkan kasus 381, laki-laki 83 tahun warga Gunungkidul riwayat perjalanan dari Jakarta.
“Dilaporkan dua orang dinyatakan sembuh dari Covid-19, yakni seorang laki-laki berusia 42 tahun warga Sleman dan seorang perempuan berusia 30 tahun warga Kulonprogo. Adapun seorang perempuan PDP berusia 36 tahun warga Gunungkidul dilaporkan meninggal,” ungkap Berty.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul dr Dewi Irawaty M Kes kepada wartawan kemarin juga membenarkan pasien corona di wilayahnya bertambah 5 orang. Kelima pasien positif tersebut merupakan hasil tracing karena adanya riwayat kontak dengan pasien positif sebelumnya dan rapid test massal. Dewi mengatakan untuk Kecamatan Playen bertambah 3 orang, Nglipar 1 orang dan Wonosari 1 orang. “Dari lima kasus tersebut terdapat 1 pasien merupakan tenaga kesehatan dan tiga pasien di Playen masih dalam hubungan keluarga dengan pasien positif sebelumnya,” kata dr Dewi Irawaty M Kes.

Dikatakan, para pasien merupakan hasil tracing dan rapid test dan semua diketahui memiliki riwayat kontak dengan pasien positif yang kini sudah dalam perawatan rumah sakit. Dia mengatakan tambahan positif dari Playen yakni perempuan 71 tahun, perempuan usia 16 tahun dan laki-laki 12 tahun. Sedangkan positif lainnya perempuan 31 tahun warga Wonosari yang merupakan Tenaga Kesehatan di luar Kabupaten Gunungkidul yang bekerja di salah satu rumah sakit di Yogya. Sedangkan 1 pasien positif lainnya, seorang laki-laki berusia 83 tahun warga Nglipar dengan riwayat perjalanan dari Jakarta. “Semua sudah dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan,” imbuhnya.
Sementara itu dari data sementara, di DIY jumlah PDP hingga saat ini tercatat sebanyak 2.013 orang, 89 orang di antaranya masih dalam perawatan. Adapun jumlah ODP sebanyak 7.987 orang. Hasil laboratorium negatif sebanyak 1.514 orang, 120 orang masih dalam proses dan 26 orang lainnya meninggal.(C-4/Pur)

Read previous post:
Kakek Pencuri Infak

Close