SAAT UJI COBA OVEN BARU- Pabrik Arang Briket Terbakar

 

 

 

 

PANJATAN (MERAPI) – Kebakaran melanda pabrik arang briket milik PT Kurnia Bumi Pertiwi di Pleret, Panjatan, Kulonprogo, Senin (6/7). Api muncul akibat kegagalan operasi mesin oven baru berukuran besar yang sedang diujicoba pekerja.
Menurut keterangan, peristiwa kebakaran itu terjadi sekira pukul 21.00 WIB. Kobaran api muncul saat sejumlah pekerja melakukan uji coba oven baru.


“Diduga terjadi kegagalan fungsi kerja oven sehingga menimbulkan api,” kata Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kulonprogo, Purwoko, Selasa (7/7).


Api yang muncul kemudian merambat dengan cepat dan membakar bahan baku arang yang ada di dalam oven. Petugas Damkar bersama relawan gabungan pun diterjunkan untuk memadamkan api. Namun, upaya menjinakkan kobaran api sangat sulit karena selain bahan baku yang mudah terbakar, isi di dalam oven juga padat.


“Kami harus bekerja ekstra. Butuh waktu sekitar satu jam untuk memadamkan api,” tambah Purwoko.
Dalam proses pemadaman, Petugas Damkar mengerahkan dua armada tangki dilanjutkan proses pendinginan untuk mematikan api kecil. Beruntung, tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan. Api juga tidak menjalar ke bangunan pabrik.


“Berapa kerugiannya belum bisa diperkirakan. Kemungkinan mencapai puluhan juta rupiah,” kata Purwoko. (Unt)