Positif Corona Tambah 8, Mayoritas Penularan Lokal

YOGYA (MERAPI)-Kasus positif corona di DIY bertambah 8 kasus, Senin (6/7) dari 294 sampel yang diperiksa pada 226 orang. Sehingga secara akumulatif, total kasus positif Covid-19 di Yogyakarta sebanyak 339 kasus, 278 orang dinyatakan sembuh dan 8 orang meninggal.
Juru bicara Pemda DIY untuk penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih keapada wartawna kemarin mengatakan, mayoritas kasus positif Covid-19 terjadi karena kontak langsung dengan pasien positif sebelumnya sehingga dibutuhkan kajian dan penelusuran lebih dalam. “Kelihatannya memang ini sudah menunjukkan transmisi lokal, tetapi untuk penentuan generasi membutuhkan informasi dan penelusuran lebih mendalam,” ungkap Berty Murtiningsih.
Dijelaskan, ketiga kasus yang terdiri dari seorang perempuan usia 40 tahun warga Sleman, seorang laki-laki usia 51 tahun warga Bantul, dan seorang perempuan usia 26 tahun warga Bantul memiliki riwayat kontak langsung dengan seorang laki-laki berusia 27 tahun warga Sleman yang dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis (2/7) lalu.

Ketiga kasus lainnya juga memiliki riwayat kontak dengan pasien positif, terdiri dari seorang laki-laki berusia 17 tahun warga Bantul riwayat kontak langsung dengan seorang perempuan berusia 24 tahun warga Sleman, seorang laki-laki berusia 49 tahun warga Bantul riwayat kontak langsung dengan seorang laki-laki berusia 57 tahun warga Bantul, dan seorang laki-laki berusia 45 tahun warga Bantul riwayat kontak langsung dengan seorang perempuan berusia 70 tahun warga Bantul.
“Adapun kedua kasus positif Covid-19 lainnya terdiri dari seorang perempuan berusia 30 tahun warga Bantul hasil tracing pernah kontak kasus positif namun belum diketahui kasus berapa dan yang terakhir seorang laki-laki berusia 37 tahun warga Kota Yogyakarta dengan riwayat dari Jakarta,” jelas Berty.

Dilaporkan pula dua orang dinyatakan sembuh dari corona, terdiri dari seorang perempuan usia 30 tahun warga Sleman dan seorang lakk-laki berusia 50 tahun warga Kota Yogyakarta.
“Laporan Dua orang PDP meninggal, seorang perempuan berusia 46 tahun warga Sleman belum diswab dan seorang perempuan usia 80 tahun warga Gunungkidul sudah diswab,” lanjutnya.
Hingga kini jumlah akumulasi PDP ini sebanyak 1.912 orang, 75 orang di antaranya masih dalam perawatan. Selain itu jumlah ODP mencapai 7.823 orang. Jumlah tes laboratorium yang diperiksa1465 orang , 108 orang masih proses laboratorium dan 26 orang meninggal.(C-4)

Read previous post:
Wanita Tewas Misterius di Dasar Sumur

Close