Pencuri Pakai Seragam Telkom untuk Kelabui Warga

SLEMAN (MERAPI)- Lima orang anggota sindikat pencuri spesialis kabel Telkom berhasil diringkus anggota Satreskrim Polres Sleman. Sindikat ini diotaki oleh seiorang mantan pekerja PT Telkom. Didga, mereka sudah beraksi di banyak tempat dan meraup hasil ratusan juta rupiah.
Dari tangan mereka petugas berhasil mengamankan barang bukti kabel Telkom dan alat pemotong.
Kelima pelaku yang diamankan adalah AJ (49) warga Sendangtirto, Berbah Sleman, PB (28) warga Bantul, MN (19) warga Trimulyo, Bantul serta CC (27) dan S (27) warga Kembangan, Bonang, Demak, Jawa Tengah.
“Kita masih terus mengembangkan kasus ini, pelaku saat ini sudah ditahan di Polres Sleman,” ucap Kapolres Sleman AKBP Anton Firmanto SIK didampingi Kasat Reskrim AKP Deni Irwansyah SIK kepada wartawan, Selasa (30/6).

Dikatakan, terungkapnya kasus itu bermula dari kecurigaan warga terhadap aktivitas para pelaku yang melakukan pemotongan kabel Telkom di Perum Margorejo Asri Tempal saat malam hari. Curiga dengan itu, warga langsung melaporkan ke Polres Sleman.
Mendapat laporan itu, dengan dipimpin Kanit Jatanras Polres Sleman Ipda Yunanto Kukuh, polisi lantas mendatangi lokasi. Dan ternyata benar, lima orang pelaku sedang melakukan aktivitas pemotongan kebel jaringan Telkom.
Saat dilakukan introgasi, pelaku tidak berkutik dan mengakui perbuatannya. Pelaku beserta barang bukti kabel, gergaji besi, baju Telkom, tali, tangga dan handphone lantas digelandang ke Mapolres Sleman.
“Pelaku ini pura-pura menjadi Pegawai Telkom yang sedang memperbaiki jaringan kabel. Mereka memakai identitas dan seragam Telkom untuk mengelabui masyarakat,” beber AKBP Anton.

Dari hasil pemeriksaan, para pelaku mengaku sudah melakukan pencurian kabel lebih dari satu kali. Dalam menjalankan aksinya, mereka mempunyai peran masing-masing, seperti eksekutor dan menjual kabel.
“Kita juga masih selidiki orang yang menjadi penadah kabel Telkom tersebut. Termasuk di mana saja TKP pencurian yang telah dilakukan,” jelasnya.
AKP Deni menambahkan, para pelaku ditangkap satu jam usai polisi mendapat laporan dari warga. Tersangka AJ diketahui menjadi otak pencurian kabel Telkom tersebut.
“Dulu AJ ini pernah bekerja di Telkom, sehingga ia mengetahui secara jelas, bagaimana memutus dan mengambil kabel,” kata AKP Deni.

Akibat perbuatannya, PT Telkom mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Pasalnya setiap kabel udara dengan diameter 0,6 kapasitas 100 fair sepanjang 1 KM bernilai kurang lebih Rp 20 juta. Sementara para pelaku mencuri berkilo-kilometer kabel. Polisi pun masih mencari pembeli kabel itu.
“Diduga pelaku ini telah melakukan aksinya dengan TKP yang cukup banyak. Makanya kita masih terus kembangkan kasus ini,” tegasnya.
Akibat perbuatannya, kelima pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan

Read previous post:
Bunuh Diri Usai Makan Bersama Tunangan

Close