Ujicoba Dibuka, Pantai Selatan Dikunjungi Ribuan Wisatawan

WONOSARI (MERAPI)–Empat objek wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul dibanjiri wisatawan pascaujicoba pembukaan setelah tutup akibat pandemi corona. Kunjungan wisatawan dengan penerapan protokol kesehatan secara penuh tersebut menyedot sekitar 5.000 wisatawan di Pantai Baron dan Kukup, Minggu (28/6).
“Estimasi jumlah kunjungan ada sekitar 5.000 wisatawan,” kata Kepala Seksi Objek dan Daya Tarik Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Gunungkidul, Aris Sugiyantoro.
Dia mengatakan, pembukaan objek wisata ini dilakukan terpadu melibatkan instansi terkait dan diberlakukan protokol kesehatan. Petugas melakukan pengecekan suhu badan, ketentuan wajib mengenakan masker, cuci tangan dan jaga jarak. Bedasarkan data yang dilaporkan TPR Baron, terdata 1.320 pengunjung dan di TPR JJLS mencapai 910 pengunjung. Sementara untuk destinasi wisata lainnya jumlah kunjungan masih relatif sedikit.
Sedangkan untuk objek wisata minat khusus Kalisuci, Semanu baru ada pengunjung beberapa orang. “Terbanyak untuk kunjungan ke pantai,” imbuhnya.

Menurut Aris, sementara untuk objek wisata di Nglanggeran, Patuk sejak dibuka pekan lalu, jumlah kunjungan perhari rata-rata mencapai 100 orang. Dengan ujicoba yang diterapkan ini, pemerintah nantinya akan melakukan evaluasi untuk mematangkan kembali Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai protokol kesehatan di lokasi wisata.
Dijelaskan Aris, untuk objek wisata pantai di sebelah timur masih ditutup. Oleh karena itu pihak Dispar bersama TNI, Polres dan Dishub membuat pos pantau lantaran masih ditemui pengunjung yang nekat berkunjung ke pantai timur. Mereka pun kemudian diberi edukasi oleh petugas.
“Mereka diedukasi petugas karena pantai di kawasan timur memang belum dibuka,” ucapnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono menambahkan, pihaknya terus melakukan pemantauan kunjungan wisatawan. Pengawasan juga dilakukan agar pengunjung mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. “Dalam pelaksanaan ujicoba ini berjalan dengan baik,” jelas dia. Dikatakan, pihaknya menyiapkan petugas yang terus melakukan pendekatan kepada wisatawan untuk mematuhi protokol kesehatan. “Mereka sudah patuh mengenakan masker, cuci tangan dan jaga jarak,” terangnya. (Pur)

Read previous post:
ilustrasi
Kelelahan Saat Bersepeda, Anggota Polisi Tewas

Close