5 Pasien Corona dari Klaster Pedagang Ikan Sembuh

YOGYA (MERAPI)-Tidak ada penambahan kasus positif Covid-19 di DIY pada Senin (22/6), sehingga jumlah kasus positif Covid-19 di Yogyakarta secara kumulatif hingga saat ini sebanyak 288 kasus. Di sisi lain, ada 7 pasien sembuh, mayoritas dari klaster pedagang ikan di Gunungkidul, sehingga secara akumulatif jumlahnya 238 orang dinyatakan sembuh dan 8 orang lainnya meninggal.
“Jumlah sampel yang diperiksa sebanyak 153 sampel, jumlah orang yang diperiksa 139 orang,” ungkap Juru Bicara Pemda DIY untuk penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih.
Dia mengatakan, dilaporkan 7 orang dinyatakan sembuh setelah melalui dua kali tes dengan hasil negatif, dan mayoritas dari klaster pedagang ikan. Terdiri dari seorang laki-laki berusia 24 tahun warga Sleman, seorang laki-laki berusia 56 tahun warga Bantul, dan 5 orang laki-laki warga Gunungkidul berusia 35, 39, 40, 53, serta 54 tahun.

“Iya, mayoritas sembuh dari klaster pedagang ikan,” imbuh Berty. Sementara itu, dilaporkan akumulasi jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hingga saat ini sebanyak 1.782 orang, 91 orang di antaranya masih dalam perawatan. Adapun jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 7.412 orang. Kemudian hasil laboratorium negatif saat ini tercatat sebanyak 1.375 orang, 119 orang masih dalam proses laboratorium dan 25 orang lainnya meninggal.
Sementara itu, Dinas Kesehatan Gunungkidul juga memastikan 5 pasien positif dinyatakan sembuh dan diserahkan kepada keluarganya kembali ke rumah. Kelima pasien sembuh ini berasal dari klaster pedagang ikan yang sebelumnya secara kumulatif, klaster ini menularkan 12 orang. “Khusus dari klaster pedagang ikan ini hanya tinggal satu orang yang masih dirawat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul dr Dewi Irawaty M Kes.
Dikatakan, kelima pasien positif Covid-19 tersebut semua berjenis kelamin laki-laki warga Kecamatan Karangmojo. Sebelumnya mereka tertular dari 2 pasien positif karena masing-masing memiliki riwayat kontak.

Ditambahkan, total pasien positif Covid-19 dari klaster pedagang ikan ada 12, sembuh 11 orang dan positif terakhir 1 orang kini masih dalam perawatan. Mereka yang dinyatakan positif ini seluruhnya dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).
Ketua Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Gunungkidul Dr Immawan Wahyudi MH mengapresiasi kinerja dan keberhasilan RSUD Wonosari dalam merawat pasien corona hingga berhasil disembuhkan. Hal tersebut tentu merupakan kabar baik yang selayaknya bisa diterima secara suka cita. “Kepada masyarakat dan keluarganya diminta bisa menerima kembali dan memperlakukan pasien sebagaimana sebelumnya. Mereka adalah warga masyarakat yang setelah sembuh tidak ada lagi kekhawatiran penularan Covid-19,” jelasnya.(C-4/Pur)

Read previous post:
Bakpaonya Kok Isi Belatung dan Tanah?

MALAM itu setelah pulang bekerja, Jiman tidak langsung pulang ke rumah melainkan masih putar-putar untuk mencari makanan buat anaknya. Jiman

Close