SOSIALISASIKAN PERUBAHAN RAB – KONI Bantul Gelar Rakor Soal Anggaran

BANTUL (HARIAN MERAPI) – Masalah anggaran yang tengah menghinggapi para anggota coba diakomodir oleh KONI Bantul melalui rapat koordinasi (rakor) yang digelar pada Sabtu (21/6) lalu di Bantul. Melalui rakor tersebut, KONI Bantul melakukan sosialisasi anggaran hibah APBD 2020 dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul.

Disebutkan Ketua Umum KONI Bantul, Subandrio, dana hibah dari Pemkab Bantul untuk KONI Bantul hanya diberikan pada tahap pertama sedangkan untuk tahap kedua tidak bisa diberikan karena dialihkan untuk penanganan covid-19 atau virus corona. “Terkait informasi dana hibah itu dan penjelasannya, itu perlu kami sampaikan ke anggota agar bisa menerima,” ujarnya, kemarin.

Tak hanya menyampaikan informasi tersebut, Subandrio mengatakan bahwa dengan tidak adanya dana pada tahap kedua, maka dana yang diberikan pada tahap pertama harus bisa dimanfaatkan hingga akhir tahun ini.

Dengan demikian, KONI Bantul juga melakukan sosialisasi terkait perubahan rencana anggaran belanja (RAB) dari para anggotanya karena penggunaannya tidak hanya digunakan pada semester pertama tapi hingga satu tahun penuh. “Nah, untuk perubahan RAB ini kami diberi tenggat waktu dari Pemkab maksimal diberikan tanggal 25 Juni. Karena akan segera diajukan ke Pak Bupati,” katanya.

Tak hanya soal perubahan RAB, Subandrio menyebutkan bahwa pihaknya juga membahas soal laporan pertanggungjawaban (LPJ) bagi para anggota yang sudah menggunakan anggaran tahap pertama. “Untuk penggunaan anggaran tahap pertama memang diberikan waktu hingga 30 Juni. Sedangkan LPJ-nya ditnggu sampai maksimal 5 Juli,” tuturnya.

Terkait penggunaan dana tahap pertama, Wakil Ketua III KONI Bantul, Danarstuti Utama mengungkapkan bahwa sebagian besar anggota dari cabang olahraga (cabor) telah menggunakannya. “Banyak yang sudah menggunakan dana tahap pertama sehingga mereka harus segera menyusun LPJ. Ada pula yang masuk menyusun perubahan RAB karena anggaran tahap pertama masih, seperti PSSI dan Perwosi,” ungkapnya. (Oro)

Read previous post:
Jualan Tahu Walik, Resa Fajar Bawa Pulang Rp 600 Ribu Tiap Hari

Close