Jual Mobil Rental Ditangkap Polisi

TEMON (MERAPI) – Warga Klaten Jawa Tengah, GY (49) dibekuk aparat Polres Kulonprogo setelah membawa kabur mobil rental milik Ngalimus Shodik (33) warga Panjatan Kulonprogo. Pelaku ditangkap di wilayah Ngentak, Jangkaran Temon, Selasa (9/6).
Menurut keterangan, peristiwa ini bermula saat GY menyewa mobil Toyota Avanza hitam AB 1102 NU milik Ngalimus pada 8 Desember lalu. Perjanjiannya, mobil disewa GY selama satu minggu, terhitung sejak kendaraan tersebut diserahkan oleh Ngalimus.
“Namun hingga batas waktu yang ditentukan, pelaku belum mengembalikan. Bahkan ditunggu hingga tiga bulan, masih belum dikembalikan juga,” kata Kapolsek Temon, Kompol Riyono, Jumat (12/6).

Ngalimus sudah berulangkali menghubungi GY, namun tidak membuahkan hasil. Merasa telah menjadi korban penggelapan dengan kerugian lebih dari Rp 138 juta, Ngalimus lapor polisi. Laporan tersebut segera ditindaklanjuti oleh aparat Polres Kulonprogo hingga pada Selasa (9/6), GY berhasil ditangkap di wilayah Temon.
Dalam penangkapan, kendaraan yang disewa tidak ditemukan. Dari hasil pemeriksaan terungkap, mobil tersebut sudah dipindahtangankan kepada orang lain. Polisi kemudian melakukan pencarian hingga barang bukti mobil ditemukan di wilayah Yogyakarta.
“Pelaku berikut barang bukti kejahatan kemudian diamankan,” ucap Kompol Riyono.

Kasubbag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jefri menambahkan, akibat perbuatannya, GY dijerat Pasal 372 KUHP atau Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 4 tahun. Iptu Jefri kemudian mewanti-wanti agar masyarakat berperan dalam upaya menekan kriminalitas serta menjaga situasi tetap kondusif.
“Masyarakat kami minta meningkatkan kewaspadaan serta selalu menjaga barang berharga yang dimiliki,” ucapnya. (Unt)

Read previous post:
Panjat Pohon Kelapa, Tewas Terjatuh dari Ketinggian 15 Meter

Close