RAPAT ANGGOTA KONI YOGYA – Persiapan Jangka Panjang Porda DIY

Ketum KONI Yogya, Aji Karnanto (berdiri kiri) dan Sekum KONI DIY, Agung Nugroho memantau proses RAT KONI Yogya dengan sistem pengambilan buku di Kantor KONI Yogya. (HARIAN MERAPI-BENI WIDYASWORO)

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Persiapan jangka panjang dilakukan KONI Kota Yogya untuk menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY yang dijadwalkan digelar pada tahun 2022 mendatang. Meski secara teknis latihan baru dimulai pada tahun 2021, KONI Yogya telah mempersiapkan segala sesuatunya melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun ini.

Meski dengan format yang berbeda dari sebelumnya, RAT KONI Yogya kali ini ingin menampung segala masukan dan kritik untuk program kerja tahun 2019 dan program tahun ini yang akan disusun. Menurut Ketua Umum KONI Yogya, Aji Karnanto, terdapat 43 pengurus kota (pengkot) cabang olahraga (cabor), 2 badan fungsional serta 14 koordinator kecamatan (korcam), yang berpartisipasi.

“Memang penyelenggaraan RAT kali ini sedikit berbeda dari sebelumnya. Jadi untuk hari ini (kemarin,red) para peserta datang mengambil buku. Buku itu berisi laporan pertanggungjawaban program tahun 2019 dan rencana program tahun 2020. Buku nantinya akan dikembalikan setelah 3 hari dan para anggota bisa memberikan tanggapan, baik masukan maupun kritik,” terang Aji di Kantor KONI Yogya, Rabu (10/6).

Dengan sistem RAT yang berbeda tersebut, Aji berharap itu tak menjadi kendala baginya untuk menyusun program kerja pada tahun ini. “Kami sudah membentuk tim khusus yang nantinya bertugas merangkum tanggapan dari para anggota yang dikumpulkan pada 13 Juni besok. Setelah dirangkum nanti akan kami bahas langkah yang ditempuh,” bebernya.

Mengenai sistem RAT yang menggunakan metode tersebut, bukan menggunakan sistem komunikasi secara virtual ataupun dalam jaringan (daring), Aji mengaku jika pihaknya tetap yakin bisa mendapatkan hasil maksimal. “Kalau menggunakan virtual mungkin belum semua pengurus familiar dan tidak berjalan efektif. Makanya kami pilih sistem seperti ini,” akunya.

Sementara itu, Sekum KONI DIY, Agung Nugroho yang hadir memantau proses RAT dengan metode berbeda kali ini, menyambut positif langkah yang dilakukan KONI Yogya. Melalui RAT kali ini, disebutkannya bahwa pembahasan Porda DIY tahun 2022 memang menjadi perhatian utama dalam penyusunan program kerja ke depan.

“Mungkin persiapan Porda DIY akan jadi pembahasan. Karena untuk tahun 2020 ini kan masih ada pandemi covid-19 sehingga persiapan efektif baru bisa dilakukan tahun 2021. Namun itu kan perlu pembahasan lebih mendetail. Semoga ini bisa menjadi perhatian para anggota agar bisa maksimal hasilnya,” katanya.

Dilanjutkan Agung, dengan persiapan singkat dari kepengurusan baru KONI Yogya yang baru berjalan selama dua bulan, hal tersebut perlu diapresiasi. “Dua bulan kerja keras menyiapkan RAT dengan kondisi pandemi seperti ini, jelas kinerja yang luar biasa,” lanjutnya. (Oro)

Read previous post:
Alih Fungsi Lahan Tinggi, Kulonprogo Susun Survei Cetak Sawah Baru

Close