PSIM Sambut Positif Usulan Liga 2 Lanjut di Oktober

YOGYA (HARIAN MERAPI) – PSIM Yogya menyambut positif rencana dilanjutkannya kompetisi Liga 2 musim 2020 yang akan berlangsung pada bulan Oktober mendatang. Meski demikian, terdapat perubahan format kompetisi yakni tanpa ada degradasi.

Menurut Manajer PSIM, David MP Hutauruk, menyambut positif jika kompetisi berencana digulirkan mulai bulan Oktober mendatang. “Meski baru usulan, kami menyambut gembira adanya kelanjutan kompetisi. Pada prinsipnya kami siap jika kompetisi lanjut,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (2/6).

Rencana untuk melanjutkan kompetisi mengemuka dalam rapat virtual yang diselenggarakan PSSI beserta klub Liga 1 maupun Liga 2 pada Selasa (2/6). Dalam rapat itu, disebutkan bahwa kompetisi menjadi hal vital yang harus tetap diselenggarakan meski di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona. Hal itu sekaligus sebagai persiapan menyongsong Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

Selain itu, kelanjutan kompetisi sepakbola juga selaras dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat menggelar rapat terbatas bersama PSSI dan beberapa menteri terkait.

Sementara itu terkait kesepakatan dalam rapat virtual PSSI bersama peserta kompetisi, Liga 2 akan dilanjutkan dengan format berbeda. Klub peserta akan dibagi menjadi 4 grup dengan masing-masing grup terdiri dari 6 klub. Kompetisi tanpa menggunakan degradasi tapi PSSI mengusulkan adanya 2 tim untuk promosi. Setiap klub juga bakal menerima subsidi Rp 200 juta.

Dengan dibagi dalam 4 grup, kompetisi digelar menggunakan sistem home tournament. “Dengan adanya home tournament tentu tidak hanya menghemat operasional tim tapi juga meminimalisir penularan karena mobilitas tim tidak banyak. Namun kebutuhan tim juga tidak semata langsung bisa ditekan tapi tetap ada banyak pengeluaran karena digunakan untuk sewa hotel dan lapangan,” beber David.

Meski demikian, David mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu keputusan resmi dari operator kompetisi maupun PSSI terkait kelanjutan kompetisi. “Ini kabar yang baik meski hanya usulan. Tapi tetap ya, semua menunggu keputusan resmi dari operator maupun federasi,” katanya. (Oro)

Read previous post:
Bintang Atletik Sleman Dapat Menu Latihan Pelatnas

SLEMAN (HARIAN MERAPI) - Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sleman akan melatih Mutiara Oktariani Nurul Al-Pasha usai kembali dari Pelatihan

Close